Mensos Risma kunjungi pasien operasi katarak gratis di RSUD Lombok Timur - OPSINTB.com | News References -->

Minggu, 31 Juli 2022

Mensos Risma kunjungi pasien operasi katarak gratis di RSUD Lombok Timur

Mensos Risma kunjungi pasien operasi katarak gratis di RSUD Lombok Timur

 
Mensos Risma kunjungi pasien operasi katarak gratis di RSUD Lombok Timur

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy mendampingi Menteri Sosial RI Tri Rismaharini pada kunjungan kegiatan bakti sosial (baksos) operasi katarak gratis di RSUD Lombok Timur, Minggu (31/7/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 di Lombok Timur, NTB.

Pada kesempatan itu Bupati Sukiman menjelaskan, kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Sosial RI, Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur dan RSUD Lombok Timur, dan Pemprov NTB. 

"Tercatat, sudah 326 warga Lombok Timur lolos screening dan siap dioperasi. Pelaksanaan akan dilakukan secara bertahap hingga tanggal 2 Agustus 2022," kata Sukiman.

"Selain mendapatkan operasi katarak, merekapun akan diberikan bingkisan sembako dan sarung," imbuhnya.

Masih kata Sukiman, kegiatan baksos operasi katarak gratis bertujuan membantu permasalah masyarakat penerima manfaat baik orang tua dan anak-anak agar kedepannya lebih bahagia, sehat, sehingga melahirkan keluarga-keluarga yang tangguh dan sejahtera. 

Baksos ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari HAN 2022 yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2022 dan diselenggarakan di berbagai provinsi di Indonesia, salah satunya Lombok Timur. 

Kegiatan ini telah dilaksanakan di 21 kecamatan sejak tanggal 23 Juli 2022 dan puncak acara untuk Kabupaten Lombok Timur akan diselenggarakan di Kantor Bupati Lombok Timur dan 4 titik lainnya, yaitu Kecamatan Sembalun, Terara, Jerowaru, dan Kecamatan Pringgabaya secara serempak pada tanggal 1 Agustus 2022 dengan melibatkan 1.000 anak lebih. 

Bentuk kegiatan yang dilakukan, antara lain pemeriksaan kesehatan gratis bagi anak, pemeriksaan dan pemberian kaca mata, penyuluhan sosial terhadap anak dan orang tua tentang perlindungan terhadap anak, khitanan massal, pemberian bantuan dan ATENSI bagi anak disabilitas berupa penyerahan alat bantu kursi roda, alat bantu dengar, tongkat pintar, dan lainnya. 

Renovasi rumah layak anak, melakukan aktifitas dongeng musikal, permainan tradisional, olah raga dan seni, pemberian layanan pemenuhan hak sipil anak berupa perekaman data anak, pembaharuan data keluarga, pendaftaran akte kelahiran anak, serta pembuatan kartu identitas anak. 

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini memberi apresiasi kegiatan baksos yabg telah dilakukan. Dia berharap, kegiatan ini dapat menjadi percontohan bagi daerah lain di seluruh Indonesia.

"Kebahagian yang dirasakan anak-anak Lombok Timur, menjadi virus kebahagiaan bagi anak Indonesia di Pulau Bertam (Kepri), Aceh, Suku Anak Dalam Jambi, Jawa, Kalimantan bahkan hingga ke Papua," pungkas Risma. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama