Hari pertama, KSM tingkat MA se-Lombok Timur berjalan sukses - OPSINTB.com | News References -->

Sabtu, 21 Agustus 2021

Hari pertama, KSM tingkat MA se-Lombok Timur berjalan sukses

Hari pertama, KSM tingkat MA se-Lombok Timur berjalan sukses

 
Hari pertama, KSM tingkat MA se-Lombok Timur berjalan sukses

OPSINTB.com - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Madrasah Aliyah (MA) Kabupaten Lombok Timur di hari pertama berjalan sukses, Sabtu (21/8/2021). 

Berdasarkan Juknis dari Kementerian Agama RI bahwa mata pelajaran yang dikompetisi untuk MA yaitu Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi. 

Hizbul Wathan selaku Pelaksana Panitia Kabupaten saat dikonfirmasi opsintb.com menyampaikan, KSM tahun ini diikuti oleh peserta tingkat MA sebanyak 260 orang, dengan rincian 46 orang Mapel Matematika, Biologi 46 orang, Fisika 40 orang, Kimia 40 orang, 45 orang Ekonomi, dan 43 orang mata pelajaran Geografi. "Ini berarti persentase peserta meningkat dibandingkan tahun sebelumnya," Pungkasnya. 

Mahyudin selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur juga hadir memantau pelaksanaan kegiatan ini. 

Pada kesempatan itu dia mengungkapkan bahwa kegiatan bergengsi ini dihajatkan untuk mengasah dan mengadu kemampuan para Santri Madrasah dalam bidang Sains. Sehingga KSM diharapkan dapat menjadi motivasi bagi siswa dan evaluasi bagi Bapak/Ibu Guru dan Lembaga Pengelola Madrasah untuk terus berpacu meningkatkan kompetensi para siswa. "Agar lebih maju dan bisa bersaing dengan yang lain," ungkapnya.

Sementara untuk lokasi kegiatan KSM tingkat Kabupaten Lombok Timur dipusatkan di 2 tempat, yaitu di MAN 1 Lombok Timur dan MAN IC Lombok Timur yang walaupun dalam petunjuk teknis dengan alasan pandemi Covid-19 para peserta boleh menjawab dari rumah atau dari tempat lain selama sarana pendukung memadai. Namun berdasarkan hasil evaluasi saat uji coba 14-17 Agustus 2021 banyak mengalami kendala teknis. Dan ini bentuk ikhtiar panitia untuk meminimalisir adanya berbagai kemungkinan teknis yang dapat mengganggu pelaksanaan kegiatan yang cukup bergengsi ini. 

M Nurul Wathoni, Kepala MAN 1 Lotim saat ditemui di ruangnya mengatakan, sebagai Madrasah yang dijadikan lokasi KSM, harus bersedia menyiapkan segala kebutuhan peserta untuk memaksimalkan hasil. Mulai dari ruangan, perangkat laptop sebagai client, internet, dan lain sebagainya. 

Sementara secara teknis pelaksanaan, Panitia tingkat Kabupaten Lombok Timur mengamanatkan kepada Forum Operator Madrasah (FORMAD) Lombok Timur dalam pengawasan dan proktor. Karena kegiatan ini berbasis online, sepenuhnya diserahkan kepada Forum ini untuk menangani sampai selesai. Namun bukan pada hal substansi dan sensitif seperti penilaian, melihat soal, mengoreksi dan sejenisnya karena itu hak tunggal dari panitia pusat. 

Zamroni atau yang populer di kalangan Operator Madrasah sebagai salah satu Proktor yang ditugaskan di MAN 1 Lotim mengatakan, sejak H-1 sudah mempersiapkan sarana prasarana terkait laptop, internet dan jaringan, tegasnya. Sementara Paozillah sebagai Proktor di MAN IC Lombok Timur melakukan persiapan yang sama dan ektra untuk kesuksesan KSM Kab. Lombok Timur tahun ini. 

Sedangkan Pengawas yang bertugas ada 6 orang dan dibagi ke 2 lokasi yang ditentukan, Hasan Asy'ari, Zulkifli Amini, Zaeni ditugaskan di MAN 1 Lotim sedangkan Edi Suprianto, Yusuf, Marzoan di MAN IC Lombok Timur. (bal)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama