Harapan Forum Anak : Pemerataan fasilitas sekolah di Lombok Timur - OPSINTB.com | News References -->

09/08/21

Harapan Forum Anak : Pemerataan fasilitas sekolah di Lombok Timur

Harapan Forum Anak : Pemerataan fasilitas sekolah di Lombok Timur

 
Harapan Forum Anak : Pemerataan fasilitas sekolah di Lombok Timur

OPSINTB.com - Salah satu hak anak berdasarkan Konvensi Hak Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah bermain dan mengembangkan kreativitas. Hal itu disampaikan Sekda Lombok Timur, HM Juaini Taofik dalam Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Lombok Timur tahun 2021 yang berlangsung sederhana, Senin (9/8/2021) di Ruang Rapat Sekda.

Peringatan Hari Anak mengangkat tema "Masa Depan Anak Generasi Pelopor Harapan Bangsa".

Pada kesempatan itu, sekda mengingatkan tingginya kasus pernikahan usia anak. Ada beragam alasan.

"Angka kemiskinan, rendahnya akses pendidikan, kurangnya kualitas layanan dan pendidikan kesehatan reproduksi, terutama untuk remaja perempuan adalah di antara penyebabnya," kata sekda.

Dia menghitung persentase pernikahan usia anak mencapai 3,8 hingga 8 persen. Karena itu, menurutnya, hak-hak anak-anak harus dipenuhi, utamanya untuk pendidikan dan perlindungan, terlebih di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, di mana anak-anak juga menjadi korban. 

Forum Anak dinilai sekda sebagai salah satu upaya untuk memperjuangkan dan menosialisasikan perjuangan hak-hak anak. Karena itu ia meminta agar Forum Anak dapat aktif dan memublikasikan hal-hal positif melalui media sosial.

"Dengan begitu diharapkan "virus" kebaikan bisa tersebar luas. Upaya ini selaras pula dengan akrabnya generasi Z dan Alpha dengan teknologi komunikasi dan informasi yang disertai kepemilikan gawai," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DP3AKB Lombok Timur, H Ahmat menanggapi salah satu Suara Anak yang dibacakan pada kesempatan tersebut, yaitu terkait pernikahan usia anak. Terkait ini, Pemda telah mengesahkan peraturan daerah terkait pencegahan perkawinan usia anak. Ia juga melihat pentingnya mengedukasi dan melibatkan orang tua dalam mendidikan anak terutama untuk usia remaja. 

"Anak-anak dalam pengayoman orang-orang dewasa, yang harus memperhatikan kondisi mental mereka," kata Ahmat.

Pada kesempatan tersebut Forum Anak Lombok Timur yang merupakan perwakilan berbagai sekolah menyampaikan harapan mereka. Di antaranya, berharap pemerintah dapat melakukan pemerataan fasilitas sekolah di Kabupaten Lombok Timur, menyediakan fasilitas ramah anak serta pembangunan fasilitas untuk penyandang disabilitas di tempat-tempat umum, dan memberikan sanksi yang tegas kepada oknum-oknum yang membenarkan dan mendukung pernikahan usia anak. Serta beberapa harapan lainnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama