Banyak Perusahaan Besar di Lombok Timur Belum Bayar Zakat. Malu ah! - OPSINTB.com | News References -->

Thursday, February 6, 2020

Banyak Perusahaan Besar di Lombok Timur Belum Bayar Zakat. Malu ah!

Banyak Perusahaan Besar di Lombok Timur Belum Bayar Zakat. Malu ah!

Baznas lombok timur unit pengupul zakat upz

OPSINTB.com - Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Timur, Ismul Basar mengatakan, masih banyak perusahaan besar yang beroprasi di Lombok Timur belum bayar zakat ke Baznas setempat. Termasuk ritel-ritel moderen.

"Banyak perusahaan besar di Lombok Timur belum bayar zakat, bahkan tidak pernah sama sekali," tegasnya sembari membeberkan sejumlah nama perusahaan yang dimaksud, Rabu 05/02/2020.

Hal tersebut sangat disayangkan Basar. Padahal, sejumlah perusahaan besar yang dimaksud memperoleh kentungan besar setiap harinya. Namun hingga saat ini belum memberikan sumbangsihnya kepada Baznas Lombok Timur dalam bentuk zakat. "Sehingga kita tidak tahu apa peranya untuk fakir miskin," kata Ismul.

Hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab Baznas Lombok Timur mengalami kesulitan untuk mencapai target capaian zakat setiap tahunnya.

Oleh sebab itu, ia berharap agar perusahaan-perusahaan besar yang beroprasi di Lombok Timur sadar dan taat mebayar zakat.

Selain berharap kesadaran sendiri, Baznas juga akan melakukan berbagai pola pendekatan terhadap sejumlah perusahanan dan ritel-ritel moderen yang belum bayar zakat. Pola pendekatan dilakukan melalui Koordinator Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang sudah terbentuk di setiap kecamatan.

"Kita akan lakukan pola pendekatan. Dan sekarang kita sedang menyisir perusahaan-perusaan besar. Itu salah satu peran UPZ yang sudah kita bentuk," imbuhnya.

Sehingga, kata dia, jika perusahaan dan ritel moderen sudah terkoordinir bayar zakat, diharapkan bisa mendongrak target zakat Baznas Lombok Timur untuk tahun 2020 ini, yakni sebesar Rp 15 miliar. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama