Pecah rekor, vaksinasi Lotim tembus angka 41 ribu sehari - OPSINTB.com | News References -->

20/10/21

Pecah rekor, vaksinasi Lotim tembus angka 41 ribu sehari

Pecah rekor, vaksinasi Lotim tembus angka 41 ribu sehari

 
Pecah rekor, vaksinasi Lotim tembus angka 41 ribu per hari

OPSINTB.com - Target 100.000 dosis vaksin yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) untuk 3 hari ke depan, tampaknya bakal tercapai.

Pasalnya, pada hari pertama pencanangan vaksinasi untuk mengejar herd immunity di Lotim, sudah menembus angka 41.141 dosis. Capaian ini bahkan mungkin lebih cepat dari yang diperkirakan. Uniknya lagi, ini menjadi rekor tertinggi selama pelaksanaan vaksinasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim, HM Juaini Taufik menegaskan, ketersediaan dosis vaksin yang ditargetkan itu diyakini selesai dalam waktu 3 hari ini.

Untuk hari pertama, saja sebut Kasatgas Covid-19 Lombok Timur itu, vaksinasi disediakan dibeberapa fasilitas dan pelayanan kesehatan di Lotim sudah mencapai lebih dari 41 ribu dosis. Baik itu dosis satu (D1) maupun dosis kedua (D2).

Masih kata Sekda Lotim, sebanyak 33.460 dosis untuk vaksin D1 telah diselesaikan dengan cakupan dibeberapa fasilitas kesehatan (Faskes). Demikian pula untuk vaksin D2 sudah mencapai 7663 dosis.

"Di hari pertama, capaian sebanyak 41.141 dosis suntik vaksin yang sudah diberikan kepada masyarakat tersebar di 40 Faskes baik di desa maupun di rumah sakit," jelas Juaini Taufik kepada media ini, Selasa (19/10/2021).

Sedangkan untuk Dosis tiga (D3) baru dilaksanakan di dua tempat yakni di Desa Lepak sebanyak 18 dosis dan di RSUD dr. R. Soedjono Selong sebanyak 10 dosis.

Diyakininya, capaian untuk herd immunity di Kabupaten Lotim ini bakal terwujud setelah mengerahkan semua pihak. Apalagi, target 70 persen vaksinasi ini dalam waktu yang tidak lama dapat dicapai.

Selaras yang diungkapkan Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy atas komitmennya untuk mewujudkan herd immunity di Lotim. Mengingat batas waktu untuk mengejar herd immunity hanya tinggal sebulan lagi.

Apalagi Kabupaten Lotim terutama kawasan selatan Lotim seperti Keruak dan Jerowaru sebagai penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, termasuk Pertamina Mandalika International Street Sircuit harus memiliki kesiapan. 

Kesiapan ini salah satunya diwujudkan dengan kekebalan kelompok bagi masyarakat, mengingat sejumlah event penting yang akan digelar dalam waktu dekat. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama