Workshop Foto Jurnalistik Pariwisata SMA disambut baik berbagai pihak - OPSINTB.com | News References -->

14/03/21

Workshop Foto Jurnalistik Pariwisata SMA disambut baik berbagai pihak

Workshop Foto Jurnalistik Pariwisata SMA disambut baik berbagai pihak

 
Workshop Foto Jurnalistik Pariwisata SMA disambut baik berbagai pihak

OPSINTB.com - Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) berkerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram dan Komunitas Fotografi Indonesia (KFI) Lombok Timur, menggelar workshop Foto Jurnalistik Pariwisata tingkat SMA/SMK sederajat se-Lombok Timur, Sabtu (13/3/2021) di SMKN 1 Sakra.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Fatih Kudus Jaelani menyampaikan, workshop digelar sebagai rangkaian kegiatan Festival Jurnalistik Pariwisata (FJP) 2021. Dan workshop digelar di tiga zona secara bertahap, yakni Lombok Timur bagian selatan, tengah dan timur. Lokasi pertama digelar di SMKN 1 Sakra. Kemudian tanggal 20 dan 27 mendatang akan digelar di SMKN 2 Selong dan SMAN 1 Aikmel.

Workshop perdana kali ini diikuti oleh puluhan siswa SMA/SMK sederajat. Pemateri diisi oleh tiga fotografer yang sudah manggung di tingkat provinsi hingga nasional. Juga dari kalangan jurnalis.

Lebih lanjut Fatih menjelaskan, kegiatan FJP tersebut merupakan wadah bagi para siswa untuk menyalurkan bakat jurnalistik, baik itu dalam penulisan berita maupun foto jurnalistik.

"Nantinya karya atau foto para siswa ini akan kita buat menjadi sebuah buku ensiklopedia pariwisata. Dengan adanya buku tersebut nantinya untuk promosi pariwisata Lotim," ucap Fatih.

Sementara itu, Dr Halus Mandala selaku Ketua Sekolah Tinggi (STP) Mataram menyambut baik kegiatan FJP yang diselenggarakan oleh Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT). Menurutnya, kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan SDM siswa, terlebih di masa pandemi ini. Selain itu, FJP juga bisa menjadi bahan promosi pariwisata Lombok Timur 

"Acara ini sangat baik. Kami berharap semua pihak bisa ikut terlibat, termasuk Pemda. Dan semoga acara seperti ini tidak hanya dilakukan di Lotim saja, akan tetapi juga bisa dilaksanakan di tingkat provinsi," tuturnya.

Hal senada disampaikan Kepala SMKN 1 Sakra, Ahmad Suhamka. Menurutnya, dengan adanya acara tersebut para peserta yang berasal dari berbagai sekolah di bagian Selatan Lotim khususnya, bisa menjadi wakil rakyat untuk memperkenalkan wisata Lotim kepada orang Luar.

"Dengan digelarnya acara ini pariwisata kita bisa di kenal oleh banyak orang. Kalian nanti sebagai wakil masyarakat untuk bisa memperkenalkan wisata kita yang ada di Lombok Timur untuk lebih dikenal oleh orang banyak, baik luar maupun dalam negeri," ungkapnya.

ia juga berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan seksama dan semangat sampai dengan digelarnya Lomba Fotografi nantinya.

"Terimakasih kepada panitia, karena kegiatan ini sangat penting, ini nanti bisa menjadi mentor dan semoga siswa-siswi kita nantinya bisa menjadi jurnalis di kemudian hari," harap Suhamka.

Ia menambahkan, Destinasi wisata di Lotim sangat banyak dan banyak desa-desa yang sudah dikunjungi oleh wisatawan asing. Sehingga wisata desa yang belum dikenal oleh wisatawan harus diperkenalkan lebih luas lagi. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama