Luhut Pandjaitan resmikan industri hilirisasi rumput laut di Lombok Timur - OPSINTB.com | News References -->

29/02/24

Luhut Pandjaitan resmikan industri hilirisasi rumput laut di Lombok Timur

Luhut Pandjaitan resmikan industri hilirisasi rumput laut di Lombok Timur

 
Luhut Pandjaitan resmikan industri hilirisasi rumput laut di Lombok Timur
Foto: Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) disambut Pj Bupati Lombok Timur HM Juaini Taofik (kanan) di acara peresmian hilirisasi rumput laut di Ekas Lombok Timur. (istimewa)

OPSINTB.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menggatikan Presiden Jokowi pada kegiatan peresmian pilot projek hilirisasi (budidaya) rumput laut skala besar di Teluk Ekas Lombok Timur, Kamis (29/2/2024).

Hadir pula Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Pj Gubernur NTB, Pj Bupati Lombok Timur, dan jajaran terkait.

Dalam sambutannya Luhut menyampikan, budidaya rumput laut di Teluk Ekas memiliki skala lebih besar daripada di Desa Patas, Buleleng, Bali. Karena itu ia berkeyakinan hal ini akan membawa angin segar untuk kesejahteraan masyarakat NTB khususnya.

Ia berharap rumput laut ke depan bisa manjadi primadona baru dan komoditi unggulan dari NTB. Pasalnya rumput laut terus berkembang, tidak seperti mining batu bara atau minyak yang bisia habis kapan pun.

Budidaya rumput laut tidak memerlukan perawatan rumit. Selain itu budidaya rumput laut skala besar yang berada di area 100 hektar itu hanya membutuhkan alat sederhana namun efisien. Karena itu ia menegaskan program ini sangat baik untuk membuka lapangan kerja skala besar.

"Dalam 100 hektar kita bisa menyerap 100 lapangan kerja. Ke depan kita upayakan budidaya rumput laut bisa menyerap hingga 1 juta lapangan kerja," ungkap Menteri Luhut.

Untuk memastikan budidaya rumput laut Teluk Ekas terus berjalan, Luhut menekankan agar pengelola terus berinovasi serta melibatkan semua pihak yang berkompeten di bidangnya, temasuk kampus, pihak swasta, UMKM, dan instansi terkait. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama