Terdampak el nino, Pemkab Loteng mulai lakukan antisipasi - OPSINTB.com | News References -->

23/08/23

Terdampak el nino, Pemkab Loteng mulai lakukan antisipasi

Terdampak el nino, Pemkab Loteng mulai lakukan antisipasi

 
Terdampak el nino, Pemkab Loteng mulai lakukan antisipasi

 

OPSINTB.com - Bupati Lombok Tengah (Loteng), H Lalu Pathul Bahri mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi dampak badai El Nino yang sudah mulai terasa di wilayahnya. Segala sesuatu yang dimaksud bupati dua periode ini ialah infrastruktur pendukung bagi masyarakat yang membutuhkan air. Karena diketahui badai El Nino ini mengakibatkan minimnya ketersediaan air atau kekeringan hingga dikhawatirkan berdampak terhadap ketahanan pangan.


"''Kami sedang mempersiapkan segala-galanya untuk ke depan. Termasuk persiapan infrastruktur pendukung masyarakat yang membutuhkan air,'' kata Bupati pada wartawan di Praya, Rabu (23/8/2023). 


Mengantisipasi El Nino, lanjutnya, membutuhkan kebersamaan antara semua pihak. Sebab ke depan panas bumi akan menjadi panas yang berkepanjangan dan menjadi atensi bersama seluruh pihak terkait. Sehingga dengan kebersamaan itu masyarakat terdampak dapat menerima pasokan air bersih dengan baik. 


''Kami dalam waktu dekat akan kumpul dengan ibu/bapak kepala dinas untuk mengantisipasi persoalan ini,'' imbuhnya. 


Lebih lanjut, Pathul menyebut Loteng sebagai salah satu penyangga beras nasional diharapkan dapat terus menghasilkan beras. Sehingga, dalam fenomena El Nino sekalipun aturan untuk menanam padi dua kali setahun harus dilanggar menjadi tiga kali dalam setahun. 


Terkait hal ini, bupati menegaskan persoalan kebutuhan air bagi petani juga harus menjadi hal yang utama. Di Loteng, sebutnya, terdapat 29,5 ribu hektar lahan pertanian yang harus mendapat pasokan air untuk lahan tanam para petani.


''Belum lagi dengan adanya El Nino, persoalan petani yang sangat membutuhkan perhatian. Ada 29,5 ribu hektar lahan yang boleh petani kita menanam, karena Loteng dijadikan kabupaten penyangga beras nasional,'' ungkapnya. 


Di sisi lain, El Nino menyebabkan beberapa desa di Loteng rentan rawan pangan. Beberapa desa tersebut di antaranya; Desa Montong Sapah, Selong Belanak, Batujangkih, Dakung, Aik Berik, dan Stiling. 


''Itu membutuhkan perhatian. Dan, bukan itu saja, tetapi desa-desa lain pun menjadi perhatian kebersamaan kita semua,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama