Pemkab Loteng gelar acara Rahman Rahim Day ke-12 - OPSINTB.com | News References -->

08/08/22

Pemkab Loteng gelar acara Rahman Rahim Day ke-12

Pemkab Loteng gelar acara Rahman Rahim Day ke-12

 
Pemkab Loteng gelar acara Rahman Rahim Day ke-12

OPSINTB.com - Pemkab Lombok Tengah menggelar acara Rahman Rahim Day yang ke 12 di halaman Masjid Agung Praya pada Senin (8/8/2022). Acara tahunan Pemkab Lombok Tengah yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram dalam kalender Hijriyah ini dikhususkan untuk menyantuni yatim-piatu.

Bupati Lombok Tengah, HL Pathul Bahri dalam pidatonya mengungkapkan, dari data yang diperoleh melalui Yayasan Peduli Anak Yatim dan Dhuafa Lombok Tengah, jumlah yatim-piatu di Lombok Tengah saat ini berjumlah 11.115 orang. Jumlah tersebut tersebar di 12 kecamatan, 139 desa/kelurahan, dan di 1.825 kekadusan yang ada di Lombok Tengah.

Bupati menyampaikan, santunan yang diberikan kepada seluruh yatim-piatu tersebut bersumber dari zakat para ASN yang berdinas di Lombok Tengah yang kemudian dikumpulkan melalui Baznas Lombok Tengah. Jumlah zakat yang terkumpul dari 11.000 orang ASN di Lombok Tengah dalam kurun waktu setahun berjumlah Rp 1,2 miliar.

"Zakat para pegawai sudah dilihat. Hari ini akan dibagi kepada seluruh anak yatim-piatu," kata Pathul.

Lanjutnya, tahun depan acara Rahman Rahim Day akan dikemas berbeda dari sebelum-sebelumnya. Tahun depan, pemkab berharap setidaknya Baznas bisa mengumpulkan dana Rp 1,5 miliar dari zakat yang dikeluarkan oleh para ASN. Jumlah tersebut rencananya akan digunakan untuk menyekolahkan lima orang tahfidz Al-Qur'an hingga jenjang doktor. Dengan harapan merekalah yang akan merawat yatim-piatu ke depannya.

"Rahman Rahim Day yang akan datang dengan pola yang berbeda, karena seluruh pegawai sudah menyatakan untuk menyisihkan sebagian rizki yang diperoleh untuk kepentingan dan kemaslahatan yatim-piatu dan dhuafa. Mereka akan kita sekolahkan hingga doktor dan merekalah yang akan merawat yatim-piatu ke depan," imbuh Pathul.

Ke depan, lanjut Pathul, seluruh yatim-piatu yang akan masuk sekolah dari jenjang SD-SMA akan disekolahkan secara cuma-cuma alias gratis melalui dana sumbangan seluruh ASN. 

"Terimakasih kepada seluruh OPD, Baznas, Yayasan Peduli Anak Yatim dan Dhuafa, seluruh camat, dan kepala desa yang membantu memikirkan anak yatim-piatu yang begitu banyak ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, acara Rahman Rahim Day merupakan kegiatan rutin Pemkab Lombok Tengah yang diselenggarakan setiap tanggal 10 Muharram. Acara ini diprakarsai oleh mantan Bupati Lombok Tengah periode sebelumnya HL Suhaili FT. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama