Pasca dilantik, Karang Taruna Desa Teros akan fokus berbenah - OPSINTB.com | News References -->

Minggu, 29 Mei 2022

Pasca dilantik, Karang Taruna Desa Teros akan fokus berbenah

Pasca dilantik, Karang Taruna Desa Teros akan fokus berbenah

 
Pasca dilantik, Karang Taruna Desa Teros akan fokus berbenah

OPSINTB.com - Pengurus Karang Taruna Puspa Kerma Desa Teros, Lombok Timur masa bhakti 2022-2024 resmi dilantik, Sabtu (28/5/2022) di aula kantor desa setempat.

Acara tersebut dihadiri Kabid Pemberdayaan Sosal pada Dinsos Lotim, Camat Labuhan Haji, Kepala Desa Teros, dan pengurus karang taruna serta para tamu undangan lainnya.

Ketua Karang Taruna Puspa Kerma, Aryan Agus Pratama pasca dilantik mengatakan, ini adalah sebuah tantangan untuk berbenah ke depan. Pasalnya pengurus karang taruna sebelumnya telah vakum. Ia juga menginginkan adanya optimalisasi karang taruna sebagai wadah serta ingin mengembangkan pemuda yang lebih mandiri. 

"Gebrakan awal kita saat ini yaitu dari sisi entrepreneur, dan kita sedang mengembangkan bagai mana pemuda kita ini dibangkitkan kembali pasca Covid-19 untuk mulai mengembangkan usaha atau bisnis mereka yang saat itu memang sempat terdampak dan kita mulai membangun dari hal tersebut dahulu," ucapnya

Ia berharap ke depan masing-masing anggotanya terbangun untuk membangun desa dikarenakan dari pemerintah desa (Pemdes) sudah siap memfasilitasi dan bekerja sama. 

"Sejauh ini hal baik yang sudah kita lakukan yaitu mulai dari bajar itu tujuannya untuk membangkitkan kembali kewirausahaan dari pemuda bahkan kita juga sudah bekerja sama dengan beberapa mitra untuk mulai pembangunan di desa," katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial (Dayasos) pada Dinsos Lotim, Zulkarnaen mengatakan, keberadaan dari karang taruna ini menurutnya hanya melengkapi lembaga-lembaga yang ada di Desa,  namun ia mengharapakan karang taruna-karang taruna ini bisa lebih aktif dan menjadi ujung tombak dari kegiatan-kegiatan kepemudaan. 

Untuk itu, ia juga melihat semua karang taruna yang ada di tingkat kabupaten sudah cukup aktif dan karang taruna tersebut sudah memiliki kegiatan secara terjadwal di masing-masing kecamatan yang ada di Lotim. 

"Alhamdulillah tahun ini Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Sosial Karang Taruna Yang ada di Lotim Sudah dialokasikan dana sekitar Rp 70 juta pada tahun ini dan minggu kemarin terealisasi," jelasnya.

Lanjutnya, anggaran Rp 70 juta tersebut tidak secara rutin, hanya pada tahun ini karang taruna mendapatkan alokasi dana tersebut. Dia berharap tahun depan kembali mendapatkan alokasi dana lebih untuk karang taruna. 

"Kita harapkan semoga alokasi dana untuk karang taruna bisa meningkat," ujarnya.

Dalam hal ini, lanjutnya ia juga nantinya akan menekankan kepada desa-desa untuk mengaktifkan Karang Taruna yang sudah tidak aktif tersebut agar kembali melakukan kegiatan mereka. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama