Kesbangpol Loteng bimtek jurnalis dan praja IPDN untuk tingkatkan kualitas layanan publik - OPSINTB.com | News References -->

10/07/24

Kesbangpol Loteng bimtek jurnalis dan praja IPDN untuk tingkatkan kualitas layanan publik

Kesbangpol Loteng bimtek jurnalis dan praja IPDN untuk tingkatkan kualitas layanan publik

 
Kesbangpol loteng

OPSINTB.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Lombok Tengah (Loteng) mengadakan Bimtek Enumerator dengan mengundang seluruh jurnalis Loteng dan puluhan praja IPDN Kampus NTB di Ruang Auditorium IPDN Kampus NTB, Rabu (10/7/2024).


Bimtek Enumerator bagi jurnalis dan praja IPDN ini dalam rangka menciptakan agenda bagaimana meningkatkan kualitas layanan publik sekaligus praktek langsung bagi para praja IPDN setelah mereka terjun ke dunia pemerintahan yang sebenarnya setelah lulus kelak. 


''Jadi bukan hanya dapat teori-teori di kelas saja, tetapi bagaimana kita langsung praktek,'' kata Murdi, Kepala Bakesbangpol Loteng.


Selain itu, lanjutnya, pelibatan kedua belah pihak bertujuan membangun chemistry, karena pihak-pihak yang terlibat dalam bimtek tersebut terdiri atas gen Z, gen Y, dan baby boomers. ''Jadi kita membangun chemistry yang produktif lintas generasi di sini. Makanya tim ini akan menjadi tim yang efektif,'' imbuh Murdi. 


Menurut Murdi, layanan publik ke depan akan semakin rumit dan komplek, karena tuntutan pelayanan semakin tinggi. Dan, dalam konteks tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, pelaku dalam kebijakan tersebut harus pandai bertransformasi, menyesuaikan diri dengan lingkungan tempatnya beraktivitas.


''Jadi kita di sini adalah tim efektif yang bertugas untuk mengumpulkan data, mengolah, dan menganalisa. Pada 2023 lalu sudah saya lakukan, temuannya jelas masyarakat tidak puas atas layanan lembaga demokrasi,'' ujarnya. 


Kata Murdi, hal itu terjadi karena pendekatan yang dilakukan keliru. Murdi menyontohkan, lembaga negara selama ini memang melakukan tugasnya, tetapi itu hanya sebatas formalitas.


''Memang direspon kalau ada aduan masyarakat, tetapi tidak tercapai apa yang diharapkan masyarakat,'' katanya.


Atas dasar itu, pada 2024 Pemkab Loteng melalui Bakesbangpol, akan melakukan survei dengan memperluas secara khusus agar kepuasan masyarakat terhadap layanan publik tercapai atau klimaks. 


''Kayak tadi standar pelayanannya, metode pelayanannya, sikap pelayanannya, waktu, dan biaya semua harus disurvei,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama