Dukung akses ke kereta gantung Rinjani, PUPR Loteng usul jembatan gantung di BKU - OPSINTB.com | News References -->

02/05/24

Dukung akses ke kereta gantung Rinjani, PUPR Loteng usul jembatan gantung di BKU

Dukung akses ke kereta gantung Rinjani, PUPR Loteng usul jembatan gantung di BKU

 
Kereta gantung rinjani

OPSINTB.com - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Tengah (Loteng), Lalu Rahadian mengatakan, pihaknya saat ini sedang mengusulkan pembangunan sebuah jembatan gantung di Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara (BKU). Usulan tersebut ditujukan kepada Balai Jalan dan saat ini sedang dalam proses survei. 


''Jembatan gantung ini nantinya akan menghubungkan Horti Park Karang Sidemen dengan Sirkuit 459 Lantan,'' kata Lalu Rahadian pada opsintb.com, Kamis (2/5/2024). 


Jembatan gantung tersebut, lanjutnya, dikhususkan untuk pejalan kaki dan diperuntukkan bagi wisatawan. Ia tidak merinci panjang jembatan tersebut karena masih dalam proses survei. 


''Ya, mungkin nanti tidak bisa dilewati kendaraan. Panjangnya belum pasti karena masih survei oleh Pelaksana Jalan Nasional (PJN),'' imbuhnya. 


Lanjut dia, untuk percepatan proses realisasi jembatan gantung tersebut, pihaknya kini sedang menunggu konfirmasi Bupati dan diharapkan pada Senin (6/5) mendatang hasilnya sudah final. 


''Inshaalloh hari Senin PJN sudah finalkan. Kita hanya tunggu tanda tangan Pak Bupati,'' ujarnya. 


Selain sebagai lokasi wisata, jembatan tersebut juga diperuntukkan untuk membuka akses ke kereta gantung Rinjani dan ke Sirkuit Lantan. Wisatawan yang datang nantinya dapat memarkirkan kendaraannya di Horti Park agar sepanjang jalan menuju kereta gantung tidak macet. 


''Nanti wisatawan bisa parkir di Horti Park. Kalau mau ke Sirkuit Lantan kan juga dekat,'' ucapnya. 


Pihaknya sendiri sebagai penerima manfaat sudah merancang desain dan tahun ini dapat segera terealisasi. ''Kita yang minta, PJN sudah turun survei, tapi belum detail. Mudah-mudahan tahun ini terealisasi,'' tutup Rahadian. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama