Diskop Loteng fasilitasi Koperasi Sekunder untuk pengembangan program ayam dan jagung - OPSINTB.com | News References -->

29/05/24

Diskop Loteng fasilitasi Koperasi Sekunder untuk pengembangan program ayam dan jagung

Diskop Loteng fasilitasi Koperasi Sekunder untuk pengembangan program ayam dan jagung

 
Kepala dinas koperasi loteng

OPSINTB.com - Dinas Koperasi (Diskop) dan UKM Loteng akan memfasilitasi tujuh koperasi untuk pengembangan program ayam dan jagung. Dana pengembangan diperoleh dari pemerintah pusat dengan sistem pinjaman senilai Rp1,5 triliun. 


Ketujuh koperasi tersebut telah digabung menjadi satu dan diberi nama Koperasi Tani Tastura Mandalika, yang berlokasi di Kecamatan Praya, Praya Barat Daya, dan Praya Tengah. 


Model pengembangannya sepenuhnya telah diserahkan kepada pengelola koperasi, dengan membuat platform planing perencanaan keuangannya.


''Biar dia kuat pendanaannya. Ada penyertaan modal masing-masing koperasi menjadi satu, yang diberi nama Koperasi Sekunder Tani Tastura Mandalika,'' kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Loteng, M Iksan pada wartawan, Selasa (28/5/2024).


Realisasi pengembangan program ayam dan jagung tersebut akan dilakukan secepatnya. Mengingat pelantikan pengurus telah dilakukan Senin (27/5) kemarin. Adapun tujuan pelantikan tersebut adalah karena para ketua koperasi tersebutlah yang akan melakukan transaksi keuangan. 


''Karena pengurus yang sah itulah yang akan melakukan transaksi. Biar kuat pendanaannya. Ada penyertaan modal nanti ke masing-masing koperasi,'' ujarnya.


Iksan menyebut, pinjaman Rp1,5 triliun untuk pengembangan tersebut akan diberikan secara bertahap atau berdasarkan hasil evaluasi. Apakah nanti pola yang dilakukan koperasi tersebut sudah sesuai standar atau tidak. ''Bertahap nanti sesuai pengembangan usahanya,'' sebut Iksan.


Program ini diikhtiarkan dapat berkembang dan sukses di Loteng. Dengan demikian produksi ayam dan jagung di Loteng dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Loteng, sehingga daerah ini tak perlu lagi menyuplai kebutuhan daging ayam dari daerah lain. 


''Dan rekruitmen tenaga kerja yang terlibat di program ini menjadi peluang yang besar buat kita, sehingga tingkat kemiskinan daerah bisa teratasi,'' harapnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama