Forum wartawan Loteng gelar peningkatan kapasitas sekaligus deklarasi jurnalis anti hoax - OPSINTB.com | News References -->

09/12/23

Forum wartawan Loteng gelar peningkatan kapasitas sekaligus deklarasi jurnalis anti hoax

Forum wartawan Loteng gelar peningkatan kapasitas sekaligus deklarasi jurnalis anti hoax

 
Forum wartawan Loteng gelar peningkatan kapasitas sekaligus deklarasi jurnalis anti hoax

 

OPSINTB.com - Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT) dan Forum Wartawan Lombok Tengah (FWLT) menggelar Peningkatan Kapasitas dan Deklarasi Jurnalis Lombok Tengah Anti Hoax. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Lombok Garden Mataram pada Sabtu (9/12/2023) mengambil tema 'Mewujudkan Pemilu Damai 2024 Tanpa Hoax'. 


Kapolres Lombok Tengah, AKBP Iwan Hidayat, yang diwakili Kasi Humas Polres Lombok Tengah, IPTU Hariono, yang hadir selaku narasumber berharap, Pemilu 2024 berlangsung aman dan kondusif. Ia meminta wartawan sebagai ujung tombak informasi bisa menciptakan situasi dan kondisi yang menjunjung netralitas. 


''Cipatakan situasi kondisi aman dan kondusif. Netralitas harus dijaga dan menjadi harga mati,'' kata IPTU Hariono. 


Ia juga menyatakan, pihaknya siap mengamankan setiap tahapan pemilu. Sebab, Polri merupakan institusi yang netral, tidak mendukung capres-cawapres manapun. Untuk itu, dirinya sudah mewanti melalui Polsek, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas; bagi siapa saja (anggota Polri) yang tidak netral diharapkan melapor ke provost. 


''Laporkan ke provost jika ada anggota kami yang tidak netral,'' katanya. 


Sementara, Sekda Lombok Tengah, H Lalu Firman Wijaya, menyampaikan tantangan utama sebagai wartawan yang tidak berada di arus utama adalah wartawan atau media sering tidak melakukan cek dan ricek terlebih dahulu. 


''Makanya kompetensi ini penting. Karena salah satu pilar demokrasi adalah kebebasan pers,'' ujarnya. 


Ia berharap wartawan memberikan informasi yang seimbang. Ia juga menyambut baik deklarasi anti hoax ini. Dan, meminta deklarasi tidak hanya dilakukan di saat ini saja, tetapi bisa juga dilakukan di depan Kantor Bupati Lombok Tengah sebagai bentuk keseriusan wartawan Lombok Tengah terhadap pemilu damai tanpa hoax. 


''Wartawan harus memberikan informasi yang seimbang,'' pungkas Firman Wijaya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama