Kabar gembira! Produk UMKM NTB mulai dilirik Malaysia dan Singapura - OPSINTB.com | News References -->

01/09/23

Kabar gembira! Produk UMKM NTB mulai dilirik Malaysia dan Singapura

Kabar gembira! Produk UMKM NTB mulai dilirik Malaysia dan Singapura

 
Kabar gembira! Produk UMKM NTB mulai dilirik Malaysia dan Singapura

 

OPSINTB.com - Pemerintah NTB melalui misi dagang berencana memfasilitasi pelaku Usaka Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) NTB untuk menyasar berbagai produk unggulannya ke para buyer yang berada di luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.


"Potensi kita untuk untuk memasarkan produk sangat besar. Kita diminta untuk mengirim sampel dulu karena ada beberapa komoditi kita seperti tenun serta mutiara sangat diminati terutama di Singapura," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Baiq Nelly Yuniarti, di Singapura Kamis (31/8/2023) seperti dilaporkan Tim Publikasi Dinas Kominfotik NTB langsung dari Singapura.


Nelly menambahkan, selain produk unggulan tenun dengan berbagai turunannya, produk yang juga banyak diminati yang peluang pasarnya menjanjikan di negara seperti Malaysia dan Singapura adalah produk olahan ikan (seafood). "Ternyata permintaan produk olahan ikan banyak diminati, kami berharap pasar baru ini bisa dimaksimalkan para pelaku UMKM kita," kata Nelly.


Sementara itu Atase Perdagangan Singapura, Billy Anugrah mengungkapkan, misi dagang ke Malaysia dan Sngapura yang digagas oleh Pmprov NTB sangat tepat, dikarenakan kebutuhan pasar di Malaysia tidak berbeda jauh dengan Indonesia.


"Mengingat di Malaysia mayoritas Pekerja Migran INdonesia (PMI) jadi standar market tidak berbeda jauh dengan indonesia dan sangat pas menawarkan produk olahan makanan. Sedangkan di singapura yang merupakan negara transit kita mendorong  lebih kepada private lebel corporationnya dimana produksi dan outsourcing barangnya dari indonesia," jelas Billy.


Tidak hanya itu, Billy juga menyarankan agar para pengusaha lokal NTB  jangan takut membuka kerjasama walapun bentuknya private label. Apabila para pengusaha tersebut ingin bersaing sekelas pasar singapura. 


"Jangan takut. Ambil saja jika ada tawaran walau bentuknya private label. Karena peluang permintaan produksi besar dan serta jaminan kontrak jangka panjang pasti diberikan," ingatnya.


Untuk diketahui, misi dagang tersebut dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 1-3 September 2023 dan rencananya akan dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah bertempat di Strand Mall Kuala Lumpur Malaysia. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama