BPS Loteng cek lapangan hasil sensus pertanian 2023 tahap pertama - OPSINTB.com | News References -->

13/07/23

BPS Loteng cek lapangan hasil sensus pertanian 2023 tahap pertama

BPS Loteng cek lapangan hasil sensus pertanian 2023 tahap pertama

 
BPS Loteng cek lapangan hasil sensus pertanian 2023 tahap pertama


OPSINTB.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Lombok Tengah (Loteng) bersama Diskominfo setempat melaksanakan cek lapangan atas hasil pendataan pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 periode Juni di RT 006 Lingkungan Ketejer, Kelurahan Praya, Kamis (13/7/2023).


Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Biro Perencanaan BPS RI, Nashrul Wajdi, Kepala Diskominfo, H Muhammad, Kepala BPS Loteng, Syawaluddin Siregar, pejabat Dinas Pertanian Loteng, dan sejumlah pejabat BPS Provinsi NTB. 


Kepala BPS Loteng, Syawaluddin Siregar menjelaskan, tujuan dilaksanakannya cek lapangan ini untuk menjaga kualitas data Sensus Pertanian 2023 yang telah dilaksanakan sebelum dilakukan tahapan pengolahan data. 


Mekanisme cek lapangan ini, kata dia, dilakukan dengan kunjungan lapangan ke ketua satuan lingkungan setempat (SLS) atau dusun terkait untuk mengecek kembali atau melakukan konfirmasi nama-nama kepala keluarga yang berprofesi sebagai petani di wilayah SLS yang bersangkutan sesuai hasil pendataan.  


''Kami melaksanakan kegiatan ini dengan melibatkan Diskominfo, Dinas Pertanian dan BAPPERIDA Loteng sebagai bagian dari partisipasi dan kolaborasi dalam penyediaan data yang berkualitas bagi perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan di Loteng,'' jelas Syawaluddin Siregar. 


Sementara, Kepala Diskominfo Loteng, H Muhammad mengatakan, sangat penting untuk menjaga kualitas data, sehingga pemerintah dapat merumuskan kebijakan yang tepat. 


''Kolaborasi seperti ini sangat strategis sebagai langkah nyata kita secara bersama-sama untuk mewujudkan data berkualitas yang pada akhirnya akan berdampak kepada pengambilan kebijakan yang tepat,'' katanya. 


Sensus Pertanian 2023 merupakan Sensus Pertanian ketujuh yang dilaksanakan oleh BPS Loteng. Yang mana sebelumnya dilaksanakan pada 1963, 1973, 1983, 2003, dan 2013. Sensus ini bertujuan untuk mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat untuk bahan perencanaan dan evaluasi hasil-hasil pembangunan khususnya pada sektor pertanian. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama