Pusat Keunggulan SMKN 1 Sambelia cetak tenaga handal bidang kelistrikan - OPSINTB.com | News References -->

29/03/23

Pusat Keunggulan SMKN 1 Sambelia cetak tenaga handal bidang kelistrikan

Pusat Keunggulan SMKN 1 Sambelia cetak tenaga handal bidang kelistrikan

 
Pusat Keunggulan SMKN 1 Sambelia cetak tenaga handal bidang kelistrikan

OPSINTB.com - Pusat Keunggulan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sambelia, Kabupaten Lombok Timur,  Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) siapkan tenaga-tenaga handal di Bidang Kelistrikan.

Sejak tahun 2021 lalu dan perjalanannya melewati 2022, sejumlah program telah diselesaikan SMKN 1 Sambelia sebagai SMK Pusat Keunggulan dalam rangka mempersiapkan bibit-bibit unggul bidang kelistrikan dari NTB.

"Salah satu program tersebut yang juga merupakan program unggulan di SMK PK SMKN 1 Sambelia adalah implementasi Link and Match dengan Industri, yaitu Kurikulum Sekolah sudah diselaraskan dengan Dunia Industri dan Dunia Usaha," jelas Kepala SMKN 1 Sambelia, Pathan, Rabu (29/03/2023). 

Karena itu, lanjutnya, pada pelaksanaan UKK (Uji Kompetensi Keahlian) pada Jurusan Instalasi Tenaga Listrik pada awal bulan Maret kemarin, SMKN 1 Sambelia menggandeng PT Rekayasa Industri (PT Rekind) sebagai lembaga penguji UKK kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik. 

Ia menjelaskan, PT Rekind merupakan perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang rancang bangun industri atau yang dikenal sebagai engineering, procurement dan construction (EPC). Selama 39 tahun mengabdi kepada bangsa dan negara, kata dia, PT Rekind telah menyelesaikan banyak proyek pembangkit listrik dan infrastruktur.

"Pada UKK kemarin, PT Rekayasa Industri mengirim Sulis Wanto, sebagai penguji Eksternal dalam Instalasi Penerangan dan Daya 3 Fasa sesuai Paket 2 Ujian Kompetensi Keahlian 2023," jelasnya.

Katanya, dalam UKK tersebut, Siswa diminta untuk merakit instalasi panel dan lay out sesuai dengan gambar kerja. Selanjutnya siswa akan mengukur tahanan isolasi penghantar antara fasa dengan fasa dan fasa dengan pembumian. 

"Nah, langkah terakhir adalah mengoperasikan rangkaian, bila kerja rangkaian tidak sesuai dengan cara kerja maka akan dilakukan perbaikan," imbuh Pathan. 

Dengan persiapan yang matang ketika pra UKK dan kondisi peralatan yang lengkap, para siswa mengerjakan Instalasi Penerangan dan Daya 3 Fasa ini dengan baik. 

"Dari 34 Orang siswa jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang mengikuti semuanya diberikan predikat baik dan sangat baik," sebutnya seraya menjelaskan bahwa Komponen Penilaian Keterampilan di antaranya adalah Persiapan, Pelaksanaan, Hasil dan Sikap Kerja terisi lengkap dengan nilai baik dan sangat baik. 

"Dengan melihat hasil ini, tidak salah kalau dikatakan bahwa SMKN 1 Sambelia telah mampu menyiapkan bibit unggul kelistrikan di NTB," pungkasnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama