Haul ke-39 TGH Mutawalli, Bupati serukan semangat persatuan - OPSINTB.com | News References -->

05/02/23

Haul ke-39 TGH Mutawalli, Bupati serukan semangat persatuan

Haul ke-39 TGH Mutawalli, Bupati serukan semangat persatuan

 
Haul ke-39 TGH Mutawalli, Bupati serukan semangat persatuan

OPSINTB.com - Ribuan jamaah menghadiri perayaan haul ke-39 pendiri Yayasan Dayama Jerowaru, TGH Muhammad Mutawalli, Sabtu (4/2/2023). Sejumlah pejabat daerah juga turut hadir, di antaranya Bupati dan Sekda Lombok Timur.

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy dalam sambutannya mengajak seluruh jamaah untuk meneruskan semangat persatuan yang telah diwariskan TGH Muh Mutawalli bersama sejumlah tuan guru lainnya di Lombok.

"Sudah seharusnya kita bersyukur dan meneruskan apa yang diwasiatkan TGH Muh Mutawalli, di antaranya ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniah, dan ukhuwah basyariah," ungkapnya.

Bupati menyebut, silaturahmi yang senantiasa terjaga antara TGH Mutawalli bersama sejumlah tuan guru yang hidup pada masa yang sama, seperti TGH Mahsun, TGH Fadil Tohir, TGH Badarudin Umar, hingga TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.

Dijelaskannya pada masa itu tidak pernah ada perselisihan dan senantiasa harmonis. Karena itu bupati percaya dengan mengikuti dan mengamalkan apa yang dicontohkan para tuan guru tersebut, selisih dan sengketa yang kerap terjadi di masyarakat saat ini dapat berkurang.

"Oleh karena itulah apa yang beliau contohkan pada masa lalu itu harus kita terapkan pada masa kini, yaitu ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah basyariah. Tidak hanya dengan kata-kata, melainkan juga dengan sikap dan perbuatan," kata bupati.

Bupati Sukiman juga menyampaikan garis besar peran dan perjuangan TGH Muh Mutawalli di masa hidupnya. Dakwah Al-Maghfurullah meliputi banyak aspek, di antaranya membangun banyak jalan, madrasah, dan jembatan. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama