Ritus Selamet Dowong, munajat untuk hasil panen yang melimpah - OPSINTB.com | News References -->

09/01/23

Ritus Selamet Dowong, munajat untuk hasil panen yang melimpah

Ritus Selamet Dowong, munajat untuk hasil panen yang melimpah

 
Ritus Selamet Dowong, munajat untuk hasil panen yang melimpah

OPSINTB.com - Masyarakat Kelurahan Denggen, Kecamatan Selong, gelar ritual Selamet Dowong. Tradisi ini dilaksanakan pada musim tanam padi tiba. 

Cara warisan nenek moyang ini digelar salah satu tujuannya ialah sebagai bentuk doa agar hasil panen melimpah serta terhindar dari serangan hama.

"Selamet Dowong ini intinya zikir bersama, meminta kepada Allah supaya hasil panen melimpah," ucap Lalu Selamet, Sesepuh Adat Denggen, Senin (09/01/2022).

Dikatakan, rangkaian kegiatan Selamet Dowong, dilaksanakan selama 4 hari. Dimulai dengan kegiatan gotong royong membersihkan makam. Kegiatan itu, terangnya, digelar pada hari Jumat. 

Hari itu, menurutnya, waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan tersebut.

Selanjutnya, kata dia, pada hari Minggu masyarakat secara bersama-sama menyembelih ayam yang darahnya ditampung menggunakan daun bambu.

Daun bambu yang terkena tetesan darah ayam ini, nantinya akan ditancapkan di area penanaman padi.

"Pemikirannya, hama di sawah itu akan tertarik dengan bau amis darah ayam. Sehingga hama tidak mengerubungi padi," tuturnya.

Ayam yang telah dipotong, akan dimasak oleh warga dan bakal menjadi sesajian bagi warga yang melaksanakan dzikir. Tepatnya di hari puncak pelaksanaan, yakni pada hari Senin, sebagai waktu bagi para petani menggelar munajat.

"Kenapa puncak acara memilih hari Senin, karena dikaitkan dengan hari kelahiran nabi kita," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Haryadi Surenggana berharap, tradisi tersebut jangan sampai hilang. Melainkan harus tetap dilestarikan dan diperkenalkan kepada generasi selanjutnya.

Menurutnya, ada regenerasi dalam menjaga budaya warisan leluhur agar dapat dilaksanakan dari tahun ke tahun.

Melalui zikir dan doa dalam tradisi Selamet Dowong ini, Haryadi berharap hasil panen di Denggen dan Lombok Timur umumnya lebih besar dari tahun sebelumnya. Sehingga ketahanan pangan di Gumi Patuh Karya tetap terjaga.

"Ketika kita berdoa Allah akan mengabulkan doa kita. Semoga hama penyakit dijauhkan. Hasil panen lebih banyak dari tahun kemarin," pungkas Haryadi. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama