Puting beliung ngamuk, 97 rumah warga rusak dan 1 orang luka ringan - OPSINTB.com | News References -->

09/10/22

Puting beliung ngamuk, 97 rumah warga rusak dan 1 orang luka ringan

Puting beliung ngamuk, 97 rumah warga rusak dan 1 orang luka ringan

 
Angin puting beliung ngamuk, 97 rumah warga rusak dan 1 orang luka ringan

OPSINTB.com - Hujan deras disertai angin puting menerjang kawasan selatan Lombok Timur, tepatnya di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak.

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 15.30 Wita. Yang mengakibatkan rusaknya rumah warga di enam dusun dari tujuh wilayah di desa tersebut, Minggu (9/10/2022).

Camat Sakra, Ahmad Subhan, melalui keterangan tertulisnya yang diterima opsintb.com menerangkan, sekitar pukul 15.15 Wita terjadi hujan lebat disertai petir. Secara tiba-tiba datang angin puting beliung yang menerjang atap rumah penduduk sebagian besar di pesisir pantai.

"Data sementara sebanyak 97 unit rumah yang rusak, dan korban luka ringan 1 orang atas nama Maq Ijon sekitar 60 tahun," terang Ahmad Subhan, yang dihubungi via WhatsApp.

Tak hanya itu, buntut dari bencana alam itu satu pohon tumbang yang menimpa salah seorang rumah warga di desa setempat.

Pohon tumbang juga terjadi di pinggir jalan jurusan SMKN Kelautan, pelabuhan Kampung Baru dan menimpa tiang listrik PLN, serta beberapa pohon lainnya di pinggir jalan.

Ia membeberkan, jumlah sementara 97 itu, dari 7 dusun di desa tersebut, didapati enam 6 wilayah yang terkena dampak berupa rumah rusak. 

Yakni di dusun Kampung Baru 37 unit, Kampung baru selatan 17, Muhajirin 17, Kampung Koko 13, Toroh Selatan 8, dan Kampung Tengah 4 unit.

Dan di dusun Toroh Tengah yang nihil. Dikatakannya, sampai saat ini belum dipastikan berapa total kerugian material. Sebab masih dalam pendataan BPBD Lombok Timur.

"Hujan dan  angin puting beliung reda sekitar 15.30 saat azan Ashar, untuk sementara bagi warga terdampak dapat menginap di rumah tetangga yang tidak terkena musibah itu," ucapnya.

"untuk sementara kebutuhan warga terdampak ialah bantuan sembako, selimut, terpal dan obat-obatan, dan tentu juga perbaikan rumah," imbuh Subhan. (kin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama