8 makanan ini ampuh membersihkan darah kotor - OPSINTB.com | News References -->

09/10/22

8 makanan ini ampuh membersihkan darah kotor

8 makanan ini ampuh membersihkan darah kotor

 
8 makanan ini ampuh membersihkan darah kotor

Foto : Syur kangkung. (unsplash.com)

OPSINTB.com - Darah dalam tubuh manusia sangat penting. Yang fungsinya mengangkut oksigen dan karbon dioksida untuk menunjang sistem respirasi tubuh.

Sebab darah mengandung hemoglobin yang dapat mengikat oksigen, membawanya ke seluruh tubuh, lalu melepaskannya ke sel-sel tubuh untuk respirasi dan metabolisme tubuh.

Begitu penting fungsi darah, tapi tak jarang manusia lalai akan hal tersebut. Saking banyaknya aktivitas bahkan lupa memfilter makanan yang masuk, terlebih bercampur dengan racun polusi.

Di lansir dari detik.com melalui laman detikhealth, menerangkan, hati dan ginjal juga membantu darah membuang makanan dan racun pada tubuh. Maka dari itu, seseorang dapat memaksimalkan dengan melakukan detoks yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan dan membuang racun dalam tubuh. Ini makanan yang disarankan untuk membersihkan darah kotor.

1. Bluberi
Buah ini padat nutrisi dan dipenuhi antioksidan yang bisa membersihkan darah secara alami. Hal ini membuat buah ini bisa mencegah oksidasi sel darah sehat dan pembentukan sel kanker hati.

2. Brokoli
Sayuran ini dipercaya bisa membersihkan darah dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Antioksidan yang ada dalam brokoli bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan. Mengkonsumsi brokoli secara teratur menjadi cara untuk detoksifikasi darah. Sayuran ini kaya akan vitamin C, kalsium, asam lemak omega 3 hingga glukosinolat.

3. Bawang Putih
Mengonsumsi bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sifat anti-inflamasi yang ada dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Memiliki tekanan darah yang tinggi bisa membahayakan pembuluh darah di ginjal. Melalui konsumsi bawang putih dapat membantu mengontrol tekanan darah tersebut.

4. Ikan
Jenis ikan tertentu seperti salmon, tuna, atau sarden kaya akan asam lemak omega 3 yang telah terbukti bisa membersihkan darah. Asam lemak omega 3 bisa menurunkan kadar trigliserida (jenis lemak yang mengalir di darah) serta menurunkan tekanan darah.

5. Kunyit
Kunyit mengandung curcumin yang bisa membersihkan darah. Dikutip dari netmeds, sebuah buku Herbal Medicine menyebut curcumin antioksidan alami yang ada dalam kunyit menghasilkan enzim detoksifikasi dalam tubuh dan bisa membersihkan darah.

6. Sayuran Hijau
Kangkung, selada, bayam, dan sawi dapat membantu aliran darah dalam tubuh untuk berjalan dengan lancar. Sayuran tersebut bertanggung jawab untuk meningkatkan enzim di hati yang bisa membantu peningkatan proses detoksifikasi darah.

7. Lemon
Lemon yang dicampur dengan air hangat bisa membantu dalam pemecahan lemak dalam tubuh serta meringankan beban pada ginjal. Vitamin dan mineral yang ada dalam lemon bisa membantu mendetoks darah atau sistem tubuh secara keseluruhan.

8. Air Putih
Cara pembersih darah yang paling umum dan sederhana dengan minum air putih. Bagi orang dewasa, diwajibkan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari. Ginjal akan membantu mengeluarkan racun dari darah melalui urine. Meminum air hangat saat pagi hari dengan perut kosong juga bisa membantu dalam mendetoksifikasi darah dan merangsang proses pembuangan limbah dalam tubuh. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama