Harga jagung Sumbawa anjlok, Gubernur ajak petani berdoa - OPSINTB.com | News References -->

16/05/22

Harga jagung Sumbawa anjlok, Gubernur ajak petani berdoa

Harga jagung Sumbawa anjlok, Gubernur ajak petani berdoa

 
Harga jagung Sumbawa anjlok, NTB akan ekspor ke Luar Negeri

OPSINTB.com - Petani jagung di wilayah pulau Sumbawa mulai khawatir dengan informasi anjloknya harga jagung. Untuk itu Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengusulkan solusi untuk melakukan ekspor jagung ke luar negeri.

Hal tersebut disampaikan Bang Zul sapaan Gubernur NTB, saat bersama Kadis Perdagangan, Kadis Pertanian, Kadis Peternakan, dan Kadis Perindustrian untuk mendengar kondisi lapangan harga jagung dari salah satu pembeli besar yaitu PT Seger Agro Nusantara.

"Harga jagung murah, satu-satunya cara sementara untuk menyelamatkan jagung petani kita adalah dengan melakukan ekspor ke Luar Negeri," kata Bang Zul, Minggu (15/5/2022) di Pendopo Gubernur NTB.

Bila kondisi ini di paksa, PT Seger Agro Nusantara tidak bisa beli lagi karena memang sudah tidak sanggup beli lagi. Karena dijelaskannya, bahwa sekarang harga ayam jatuh, sehingga pabrik ayam menurunkan permintaan pada pakan. Permintaan pakan turun menyebabkan mereka menurunkan volume membeli bahan baku seperti jagung.

Oleh sebab itu, pembelian jagung berkurang. Sehingga jagung yang sedang puncak-puncaknya dipanen sekarang tidak akan mampu diserap atau dibeli oleh pembeli jagung seperti biasa.

"Sehingga jagung dari Alas Samlai Sape, surplus lebih dari 300 ribu ton. Ini Artinya harganya jagung akan anjlok bahkan nggak ada harga sama sekali," tambahnya.

Untuk itu Ia berharap agar masyarakat dan petani jagung ikut mendo'akan agar ijin ekspor dari Menteri Perdagangan (Mendag) RI, bisa segera diurus dan diselesaikan, sehingga solusi sementara harga jagung ini bisa teratasi. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama