Bornong Bike Park, trek sepeda terbaik di kaki Rinjani - OPSINTB.com | News References -->

Minggu, 29 Mei 2022

Bornong Bike Park, trek sepeda terbaik di kaki Rinjani

Bornong Bike Park, trek sepeda terbaik di kaki Rinjani

 
Bornong Bike Park, trek sepeda terbaik di kaki Rinjani

OPSINTB.com - Bornong Bike Park lahan seluas 10 hektar yang berada di kaki Gunung Rinjani tepatnya di Dusun Sempur, Desa Aik Prapa, Kecamatan Aikmel, Lombok Timur itu disebut tempat terbaik untuk bersepeda di Pulau Lombok. 

Medan track dengan panjang lintasan sekitaran 4 kilo meter menjadi daya tarik bagi penggemar sepeda gunung yang dikenal dengan sebutan Mountain Bike (MTB). 

Ketua Pengelola Bornong Bike Park, Hamzan Wadi mengatakan, lintasan sepeda ini dulunya bekas jalan lalu lalang masyarakat ke hutan. Namun Mulai dibuka oleh pemuda setempat pada tahun 2019, dan di tahun 2021 mulai banyak dikunjungi oleh MTB dari berbagai kalangan. 

"MTB dar NTB, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jakarta pernah menjajal track ini juga," ucapnya, Minggu (29/5/2022). 

Lanjut Hamzan, pengunjung sangat ramai datang pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Rata-rata pengunjung dalam sehari 50 orang. 

Sehingga, keberadaan wisata Bornong Bike Park ini menjadi peluang untuk membangkitkan perekonomian warga setempat dan bisa mengurangi pengangguran. 

"Dulunya pemuda sering keluyuran, mabuk-mabukan, sekarang sudah tidak ada lagi," katanya.

Hamzan menuturkan, sebelum Bornong Bike dikenal luas seperti sekarang ini, ada banyak kisah pilu. Ia pernah ditertawai masyarakat setempat pada waktu pembukaan track tersebut. Namu seiring waktu masyarakat mulai sadar, terutama melihat pengunjung mulai ramai berdatangan. Sehingga tokoh masyarakat dan pemerintah desa mulai mendukung. 

"Kalau pihak pemerintah kabupaten maupun provinsi belum ada dukungan hingga saat ini," ujarnya. 

Meski demikian, hal itu bukan menjadi alasan baginya untuk menyerah. Hamzan terus berusaha mengembangkan Borong Bike Park agar bisa lebih dikenal luas.

Jika ingin masuk di tempat ini sangat murah, hanya dipatok Rp 10 ribu per orang. Sedangkan biaya transport dari tempat pembelian tiket menuju lokasi start hanya Rp 5 ribu saja. 

Sementara itu, salah seorang pengunjung dari Mataram, Hamdani mengatakan, Bornong Bike Park sangat direkomendasi bagi yang hobi bersepeda di jalur ekstrim. Pasalnya jalur yang begitu panjang, menyusur hutan kaki gunung rinjani membuat suasana menjadi menarik dan memberi kesan istimewa. Struktur tanah pun juga sangat mendukung.

"Bagi pemula seperti saya cocok juga di sini jika dibandingkan dengan track-track sepeda yang pernah saya jajal. Lebih bagus di sini," katanya.

Selain itu, tambahnya, fasilitas di tempat ini sangat memadai. Sehingga diharapkannya, track downhill ini terus diperbaharui agar pengunjung tidak bosan menjajal lintasan Bornong Bike Park. 

"Tadi ada track sport II baru, itu lumayan extrim dan menantang," imbuhnya. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama