Wagub minta bantuan Kementerian LHK atasi masalah sampah di Mandalika - OPSINTB.com | News References -->

29/03/22

Wagub minta bantuan Kementerian LHK atasi masalah sampah di Mandalika

Wagub minta bantuan Kementerian LHK atasi masalah sampah di Mandalika

 

Wagub minta bantuan Kementerian LHK atasi masalah sampah di Mandalika

OPSINTB.com - Menerima Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia Bidang Kepemudaan dan Pramuka, Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalillah meminta dukungan penuh Kementerian LHK RI terkait pengelolaan sampah di lingkar Mandalika.

"Pemprov meminta pusat agar mendukung pengelolaan sampah di sepuluh desa lingkar Mandalika terutama sarana dan fasilitas penanganan sampah," ungkap Wagub saat menerima kunjungan staf ahli Kementerian LHK RI di ruang kerja, Selasa (29/03/2022). 

Dikatakan Wagub, sepuluh desa tersebut bahkan belum memiliki fasilitas penanganan sampah yang baik dari penanganan apalagi pengelolaan sampah seperti angkutan sampah, TPS dan lainnya. Adapun TPA 3R yamg telah direncanakan Pemprov masih terkendala lahan.

Wagub juga mengatakan, selain anggaran untuk lingkungan masih sangat terbatas, kepedulian seluruh masyarakat dan stakeholder masih rendah karena keberhasilan program pengurangan sampah atau Zero Waste sangat bergantung pada kesediaan berbagi tugas dan tanggungjawab sampai pemilahan sampah di keluarga. 

"Sejak 2018 progres Zero Waste sudah sangat baik terutama hilirisasi dengan berbagai terobosan. Yang bisa dilakukan Pemprov adalah sosialisasi dan intervensi sesuai kewenangan," urainya.

Pramu Risanto, Staf Ahli Kementerian LHK Bidang Pemuda dan Pramuka akan segera menindaklanjuti penanganan sampah di lingkar Mandalika. Menurutnya sebagai desa wisata kelas dunia dan sedang naik daun, pengelolaan sampah di lingkar Mandalika segera akan direalisasi. 
Bahkan menurutnya keterlibatan pihak ketiga seperti swasta untuk mendanai dan melakukan program penanganan sampah sangat dimungkinkan. 

"Kami juga sedang mengecek kendala lapangan dan melihat kebutuhan sebagai laporan ke Menteri," ujarnya. 

Ditambahkannya, staf ahli yang juga CEO dan founder Sekolah Sampah Nusantara ini mengakui, kepedulian lingkungan harus dimulai dari karakter. 

"Perubahan karakter ini yang sedang digodok menjadi sylabus dan kurikulum agar perilaku manusianya mendukung implementasi penyelamatan lingkungan di lapangan," tambahnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama