275 pelaku UMKM Loteng lulus pembinaan oleh Diskop dan UMKM - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 01 Maret 2022

275 pelaku UMKM Loteng lulus pembinaan oleh Diskop dan UMKM

275 pelaku UMKM Loteng lulus pembinaan oleh Diskop dan UMKM

 
275 pelaku UMKM Loteng lulus pembinaan oleh Diskop dan UMKM

OPSINTB.com - Sebanyak 425 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Lombok Tengah (Loteng) mengikuti proses pembinaan atau kurasi dari Dinas Koperasi dan UMKM. Dari jumlah tersebut, Dinas Koperasi dan UMKM berhasil menjaring 275 pelaku UMKM yang berhak untuk ikut memamerkan hasil produksi dan kerajinannya saat event MotoGP berlangsung 18-20 Maret nanti.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Loteng M Ikhsan mengatakan, proses kurasi dilakukan untuk memberikan bimbingan kepada para pelaku UMKM agar produk yang dihasilkan memenuhi standar seperti tidak mengandung pemutih dan pengawet.

"Kurasi itu penting untuk memenuhi standar halal dan bisa memperoleh izin dari Balai Pengawas Obat dan makanan (BPOM)," kata M Ikhsan pada opsintb.com, Selasa (1/3/2022).

Proses kurasi sendiri dilakukan oleh tiga Tim Kurator dari Dinas Koperasi dan UMKM Loteng yang terdiri dari Tim Kurator Kuliner, Tim Kurator Bidang Kuria, dan Tim Kurator Pengolahan Pangan. Kemudian, jelas M Ikhsan, dari hasil rapat ketiga Tim Kurator tersebut, telah ditentukan empat jenis produk yang bisa masuk ke stand-stand yang sudah disediakan diantaranya kuliner, busana, kerajinan tangan, dan kuria.

"Yang lulus kurasi ini nanti berkesempatan untuk hadir memamerkan hasil produksinya di perhelatan MotoGP," jelas M Ikhsan.

Lanjutnya, untuk menghindari kerumunan panitia sudah membagi para pelaku UMKM ke dalam dua zona. Masing-masing zona terdiri dari 35 stand di dalam area sirkuit dan 35 stand di area parkir sebelah timur.

"Yang 275 pelaku ini nanti akan kami panggil untuk menentukan stand yang akan ditempati masing-masing. Total yang disediakan 70 stand," tandas M Ikhsan. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama