Lotim sudah punya 91 desa wisata, kini Bupati ingin ada Kampung Arab - OPSINTB.com | News References -->

16/09/21

Lotim sudah punya 91 desa wisata, kini Bupati ingin ada Kampung Arab

Lotim sudah punya 91 desa wisata, kini Bupati ingin ada Kampung Arab

 
Lotim sudah punya 91 desa wisata, kini Bupati ingin ada Kampung Arab

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menyerahkan 91 SK Desa Wisata dan peresmian destinasi wisata Embulan Boroq Dewi Anjani, Desa Anjani, Kecamatan Suralaga, Kamis (16/9/2021).

Dalam sambutannya, bupati memberi apresiasi karena masing-masing desa di Lombok Timur sudah menunjukkan keunggulannya. Ia mencontohkan Kembang Kuning yang telah berhasil meraih predikat desa wisata terbaik. 

"Lalu Desa Kumbang masuk dalam 10 besar desa yang menerapkan keterbukaan informasi, serta Desa Tetebatu yang sekarang tengah diperjuangkan sebagai desa wisata terbaik di tingkat Internasional," kata Sukiman.

SK Desa Wisata diserahkan Bupati Secara simbolis diwakili Desa Anjani, Pringgasela, Ekas Buana, Sembalun Bumbung, dan Tetebatu.

Tujuan utama pembangunan pariwisata, ungkap Bupati Sukiman adalah menciptakan lapangan kerja dan sebagai sumber pendapatan, baik Pendapatan Asli Daerah (PAD), devisa, dan Pendapatan Asli Desa (PADes) untuk pembangunan. Desa wisata menjadi salah satu upaya untuk membangun pariwisata berbasis potensi lokal.

Lombok Timur saat ini memiliki 91 Desa Wisata. Dijelaskan Bupati, "Desa wisata tersebut dapat dikatagorikan sebagai desa wisata mandiri, desa wisata maju, dan desa wisata berkembang." 

Desa wisata tersebut sebelumnya dikuatkan oleh SK Dinas Pariwisata. Demi meningkatkan dan mengembangkan desa wisata Pemerintah kabupaten Lombok Timur meningkatkan status Desa Wisata melalui SK Bupati.

Sementara itu kaitannya dengan destinasi wisata Embulan Boroq Dewi Anjani, Bupati berharap dapat meraih prestasi, seperti haknya tiga desa yang telah disebutkan Bupati sebelumnya. 

Selain itu Bupati juga menyarankan agar adanya jalan alternatif menuju lokasi tersebut. Disarankan pula konsep agro wisata untuk pengembangan destinasi.

Selanjutnya, kepada Kepala Desa dan masyarakat setempat, Bupati berharap Desa Anjani dapat dikembangkan sebagai Kampung Arab, seperti Tetebatu Selatan yang telah mengembangkan Kampung Inggris.

Hadir pada acara tersebut, jajaran Forkopimda, OPD, serta Camat, Kepala Desa, BPD, Tokoh Pemuda, dan masyarakat setempat. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama