Kuatkan eksistensi media online, DPC MOI Lotim gelar Rakercab perdana - OPSINTB.com | News References -->

Saturday, November 7, 2020

Kuatkan eksistensi media online, DPC MOI Lotim gelar Rakercab perdana

Kuatkan eksistensi media online, DPC MOI Lotim gelar Rakercab perdana

 
Kuatkan eksistensi media online, DPC MOI Lotim gelar Rakercab perdana

OPSINTB.com - Dewan Pimpinan Cabang Media Online Indonesia (DPC MOI) Kabupaten Lombok Timur gelar Rapat Kerja Cabang (Rakerjab) perdana, Sabtu (7/11/2020) di Surya Hotel, Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur, Lombok Timur.

Rakercab yang mengusung tema "Menguatkan Eksistensi Media Online Indonesia dalam Mengawal Pembangunan Daerah" itu dihadiri oleh Wakil Bupati Lombok Timur diwakili Kadis Kominfo dan Persandian Lombok Timur, Ahmad Masfu serta puluhan awak media kabupaten setempat.

Dalam sambutannya, Ketua DPC MOI Lombok Timur, Salman Hafiz mengatakan, kehadiran MOI di Lombok Timur sebagai mitra keritis dan setrategis pemerintah dalam mengawal pembangunan daerah. Artinya, MOI siap mendorong dan memberi dukungan kepada Pemda dalam pelaksanaan pembangunan melalui pemberitaan yang positif.

"Tetapi kami juga tidak sungkan menyampaikan kritik jika pemerintah melaksanakan pembangunan melenceng dari koridor hukum atau aturan yang berlaku," ungkap Salman.

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan, perkembangan media online di Lombok Timur semakin berkembang. Namun masih ada beberapa media online yang belum terverifikasi, baik secara faktual maupun administrasi. 

"MOI juga hadir guna memberi dukungan kepada media online yang belum punya legalitas (PT). Kami akan membantu dalam administrasi pendirian PT media online, khususnya di Lombok Timur. Karena ini menjadi salah satu program MOI pusat," ungkapnya.

Selain program di atas, dalam waktu dekat, DPC MOI Lombok Tinur juga akan mendirikan Koperasi Pewarta dan MOI Lombok Timur Award. Dari semua program tersebut di atas, jelasnya, dilakukan sebagai bentuk penghargaan MOI untuk menguatkan profesionalitas, eksistensi dan kesejahteraan wartawan/media.

"Kami juga sampikan terimkasih atas kehadiran teman-teman wartawan pada acara ini. Dan ini merupakan wujud kekompakan insan pers di Lombok Timur," imbuhnya.

Sementara dalam sambutannya, Ahmad Nasfu menyampaikan penghargaan atas terlaksanannya Rakercab perdana DPC MOI Lombok Timur ini. Dia berharap agar MOI semakin eksis dengan berbagai programnya.

Lanjut Masfu, kerjasama antara Pemda dan media harus selalu terjaga. Sebab peran media sangat penting dalam mewujudkan percepatan pembangunan daerah. Terutama media online. Tidak bisa dipungkiri, di era digital sekarang ini media online mempunyai peran besar dalam mengawal pembanguan pemerintah. Sebab informasi yang disampaikan bisa beredar cepat dan masif di tengah-tengah masyarakat. Ditambah lagi kemudahan masyarakat dalam mengakses internet.

"Untuk mendukung kemudahan masyarakat dalam menerim informasi melalui daring, Dinas Kominfo Lotim juga dalam waktu dekat ini akan meluncurkan internet murah atau Lotim Net," ungkapnya.

Kemudahan menyerap informasi juga akan didukung dengan rencana Pemda untuk membentuk Big Data Lombok Timur. Melalui Big Data, masyarakat bisa mengakses informasi pembangunan daerah secara terpusat.

"Namu semua itu akan bisa kita laksanakan apabila akses internet lancar," pungkasnya. 

Rakercab CPC MOI Lombok Timur akan digelar selama dua hari. Mulai tanggal 7 hingga 8 Nopember 2019. "Semoga Rakercab MOI berjalan lancar," pungkas Masfu. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama