Caleg Muda Terpilih, Bajang Bagus Lahir Dari Keluarga Petani - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 21 Mei 2019

Caleg Muda Terpilih, Bajang Bagus Lahir Dari Keluarga Petani

Caleg Muda Terpilih, Bajang Bagus Lahir Dari Keluarga Petani

Anggota DPRD Kabupaten Lombok Tengah periode 2019-2024 tampaknya akan banyak diisi para pendatang baru, salah satunya Adi Bagus Karya Putra. Siapa dia dan seperti apa kiprahnya di masyarakat selama ini, berikut ulasannya. 

DARWIS – LOMBOK TENGAH

Adi Bagus Karya Putra atau yang akrab disapa Bajang Bagus lahir di Desa Bilelando Kecamatan Praya Timur, 2 Januari 1989. Bagus merupakan anak pertama dari pasangan Nurudin dan Saimah. Ia menikah dengan Sri Fahrani Alawiyah dan dikaruniai seorang anak yakni Aisyah Nur Afifah.

Terlahir dari keluarga petani, Bajang Bagus melewati masa kecilnya dengan penuh kesederhanaan. Kendati demikian, didikan orangtuanya telah membentuk dirinya menjadi pribadi yang tegas dan lebih memahami nasip dan penderitaan masyarakat kecil.

Bajang Bagus menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) Bilelando. Kemudian di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Praya. Selanjutnya di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Praya. Sementara jenjang perguruan tinggi ditempuh di Universitas Muhamadiyah Mataram. Selama menempuh pendidikan dari SD hingga perguruan tinggi, ia dikenal cukup menonjol.

Setelah menyelesaikan kuliahnya pada tahun 2011, ia langsung terjun ke masyarakat. Berbekal pengalaman berorganisasi selama di kampus, ia langsung bergabung dengan sejumlah organisasi.

Ia tercatat pernah menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Desa Bilelando 2016-2018, Ketua Pemuda Muslimin Indonesia Lombok Tengah 2017- sekarang dan PK KNPI Praya Timur 2016-2018 dan Sekjen DPD KNPI Lombok Tengah 2018- Sekarang.

Hal itu kemudian dijadikannya sebagai modal untuk membantu masyarakat. Sejauh ini banyak hal yang telah dilakukannya untuk kepentingan masyarakat. Misalnya membantu penyediaan kebutuhan petani, pemberdayaan pemuda dan lainnya.
Berbekal dukungan keluarga dan masyarakat, ia kemudian ikut berkompetisi dalam Pemilihan Aggota Legislatif (Pileg) 2019 melalui Partai Demokrat dengan nomor urut 2 dari Daerah Pemilihan (Dapil) III Kecamatan Pujut-Praya Timur.

Awalnya, ia mengaku sempat ragu untuk mencalonkan diri sebagai anggota dewan. Terutama dengan mempertimbangkan cost politik yang begitu besar. Namun dukungan sahabat dan keluarga yang begitu besar kemudian memotifasi dirinya untuk ambil bagian dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Karena tidak memiliki modal besar, selama masa kampanye ia mengaku banyak disumbang oleh sahabat dan keluarganya. Untuk baya pertemuan misalnya, kebanyakan bersumber dari urunan rekan-rekannya.

Namun hasil yang diperoleh sangat memuaskan. Walaupun sebagai pendatang baru dengan modal sangat minim, ia mampu meraih 4.012 suara. Angka tersebut bahkan merupakan salah satu capaian tertinggi di Dapil III. Atas keberhasilannya itu, Bajang Bagus dipastikan akan menjadi salah satu anggota dewan termuda.

Adapun motivasinya terjun ke dunia politik, tidak lain karena melihat banyaknya persoalan masyarakat yang belum terselesaikan. Salah satu contoh kecil adalah penyediaan infrastruktur jalan dan fasilitas public yang masih belum maksimal. Hal inilah yang akan diprioritaskan di awal masa jabatannya. Yang mana sebagian besar dana aspirasi akan diprioritaskan untuk perbaikan jalan desa dan fasilitas public lainnya.

“ Ini adalah amanat. Sebagai pelayan masyarakat tentu saya harus siap menjembatani berbagai kepentingan masyartakat,” kata Bagus, Senin (20/05/2019).

Pihaknya pun mengaku siap menerima saran dan kritikan. Terutama yang menyangkut kinerjanya selaku wakil rakyat. “Kalau saya ada kekeliruan, jangan sungkan untuk mengritik,” pungkasnya. (wis)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama