2.015 atlet karate nasional bertarung di ajang Bupati Loteng Cup 3 - OPSINTB.com | News References -->

05/07/24

2.015 atlet karate nasional bertarung di ajang Bupati Loteng Cup 3

2.015 atlet karate nasional bertarung di ajang Bupati Loteng Cup 3

 
Bupati loteng cup 3

OPSINTB.com - Sejumlah 2.015 atlet karate dari berbagai daerah di Indonesia seperti Bali, Jawa Timur, NTB, dan NTT akan bertanding dalam ajang Nasional Open Karate Championship Bupati Loteng Cup 3 di GOR Tastura pada 4-7 Juli 2024.


Para karateka akan bertanding dalam enam kelas/kategori seperti usia dini, pemula, kadet, junior, senior, dan TNI/Polri. Mereka akan memperebutkan hadiah atau uang pembinaan sebanyak Rp 90 juta rupiah. 


Ketua Panitia Open Karate Championship Bupati Loteng Cup 3 2024, Koriatmaja menyampaikan, ajang ini adalah untuk membentuk dan membina generasi muda melalui olahraga karate dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.


''Meningkatkan mutu dan prestasi karate Indonesia agar dapat terus bersaing dalam event lokal maupun nasional,'' ujar Kori, Jumat (5/7/2024). 


Selain itu, lanjut Kori, event ini untuk meningkatkan mutu atlet, pelatih, wasit, dan dewan juri. ''Dan sebagai ajang pembinaan yang berjenjang dan berkelanjutan,'' imbuh Kori.


Sementara itu, Wabup Loteng HM Nursiah mengatakan, poin utama dari kejuaraan ini adalah bagaimana membentuk para karateka untuk meningkatkan kemampuan agar mereka dapat lebih berprestasi tidak hanya di tingkat daerah/nasional, tetapi berprestasi juga di ajang internasional.


''Intinya bahwa untuk mengangkat para karateka untuk menunjukkan keterampilan dan kehebatannya di sini,'' kata Nursiah. 


Ajang ini juga diharapkan mengangkat nama daerah, khususnya Loteng. Nursiah berharap, dengan diselenggarakannya ajang ini di Loteng, ke depan bagaimana agar Pemda Loteng bisa berkoordinasi dengan pengurus pusat/Kemenpora supaya Loteng dapat menyelenggarakan event kelas internasional.


''Dengan evaluasi penyelenggaraan di Loteng oleh pengurus pusat, untuk kita coba event internasional,'' ucap Nursiah.


Terkait fasilitas sendiri, ungkap Nursiah, berdasarkan penilaian tim pusat; sudah cukup layak. Ke depan, diharapkan GOR Tastura dapat digunakan untuk event karate kelas internasional. 


''Dalam perencanaannya banyak hal yang harus dibenahi untuk jenjang internasional. Termasuk fasilitas, hotel, dan restoran untuk para atlet nanti,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama