Kemenag lepas 393 JCH Lombok Tengah, diperkirakan tiba Selasa malam - OPSINTB.com | News References -->

12/05/24

Kemenag lepas 393 JCH Lombok Tengah, diperkirakan tiba Selasa malam

Kemenag lepas 393 JCH Lombok Tengah, diperkirakan tiba Selasa malam

 
Jamaah calon haji loteng

OPSINTB.com - Sebanyak 393 jemaah calon haji (JCH) embarkasi Lombok Tengah yang masuk kloter 02 diberangkatkan menuju Asrama Haji NTB di Mataram. Para jemaah yang terdiri dari 9 rombongan diangkut menggunakan bus dan dilepas pemerintah daerah setempat di Halaman Masjid Agung Praya pada Minggu (12/5/2024) sore. 


Kepala Kemenag Lombok Tengah, H Nasrullah, mengatakan para jemaah akan diterbangkan dari BIZAM ke Madinah, Arab Saudi, Senin (13/5) pukul 17.40 WITA dan diperkirakan tiba pada pukul 5 sore waktu setempat. 


''Kloter 02 akan terbang besok sore sekitar pukul 17.40 WITA dan insyaallah akan tiba di Madinah pukul 5 sore,'' kata H Nasrullah.


Dijelaskan, kloter 02 diisi 40 orang jemaah lansia. Namun, seluruh jemaah yang berangkat hari ini tidak ada yang beresiko tinggi. Kemenag memastikan seluruh jemaah sudah dikategorikan istitha'ah atau mampu melaksanakan haji secara jasmaniah. 


''Mudah-mudahan jemaah kita dalam keadaan sehat wala'fiat,'' harapnya.


Dijelaskan, dari 1.032 JCH Lombok Tengah, 2 kloter merupakan kloter utuh dan 3 kloter lainnya merupakan kloter gabungan dan campuran dengan kabupaten lain. 


''Kloter 02 dan 05 itu merupakan kloter utuh. Tidak ada campuran dari jemaah kabupaten/kota lainnya,'' imbuhnya.


Selanjutnya, untuk kloter 09 berjumlah 136 orang, akan bergabung dengan jemaah Kabupaten Lombok Barat. Adapun kloter 11 jumlahnya 86 orang dan akan bergabung dengan jemaah Kabupaten Lombok Timur dan KLU. 


''Terakhir, kloter 12 jumlahnya 34 orang jemaah, akan bergabung dengan Kabupaten Bima, Kota Bima, dan Dompu,'' jelasnya.


Sementara, Wakil Bupati Lombok Tengah, H Nursiah, menyatakan sangat bersyukur atas jumlah JCH Lombok Tengah yang berangkat tahun ini. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pemberangkatan tahun ini jumlahnya meningkat 100 orang lebih. 


''Peningkatan ini adalah perjalanan meningkatkan amal ibadah keluarga Lombok Tengah dengan menambah kuota haji,'' sebutnya. 


Bupati berpesan kepada seluruh JCH agar mematuhi instruksi petugas. Selain itu, ia juga meminta JCH untuk selalu menjaga kesehatan. Menurutnya kesehatan sangat penting dalam pelaksanaan ibadah haji. 


''Atur waktu untuk beribadah, istirahat, dan makan minum. Itu yang penting untuk ibu/bapak lakukan di sana. Mudah-mudahan ibu/bapak mendapatkan haji mabrur,'' ujar Nursiah. 


Diketahui, JCH embarkasi Lombok Tengah terdiri dari 5 kelompok terbang atau kloter, yakni kloter 02, 05, 09, 11, dan 12. 5 kloter tersebut secara berurutan akan diberangkatkan pada 12, 16, 22, 24, dan 26 Mei mendatang. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama