Kabar gembira, pendakian Gunung Rinjani dibuka 1 April 2024 - OPSINTB.com | News References -->

01/04/24

Kabar gembira, pendakian Gunung Rinjani dibuka 1 April 2024

Kabar gembira, pendakian Gunung Rinjani dibuka 1 April 2024

 
Kabar gembira, pendakian Gunung Rinjani dibuka 1 April 2024

OPSINTB.com - Pendakian Gunung Rinjani Lombok kembali dibuka pada 1 April 2024. Dalam rangka pembukaan jalur pendakian, Balai TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani) telah melaksanakan beberapa rangkaian persiapan. 


Kepala Balai TNGR, Dedy Asriady menjelaskan, beberapa rangkaian persiapan yang telah dilakukan, yakni workshop peningkatan kapasitas operator dan admin eRinjani pada 4 Maret 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang peserta yang berasal dari Kepala Resort Lingkup Balai TNGR yang memiliki destinasi pendakian.


"Pada kegiatan workshop tersebut Tim IT Balai dan Developer mensosialisasikan serta mensimulasikan upgrade pada aplikasi eRinjani tahun 2024. Diharapkan saat pembukaan jalur pendakian, operator dan admin eRinjani siap dalam mengoperasikannya," kata Dedy kepada opsintb.com, Senin (1/4/2024).


Salain itu, Balai TNGR juga mengadakan pertemuan dengan Ketua Forum Wisata Lingkar Rinjani (FWLR) dan Koordinator TO di 3 kabupaten. Pertemuan yang dilaksanakan  pada 15 Maret 2024 itu guna membahas beberapa usulan FWLR terkait pengelolaan pendakian di TNGR.


Tak lupa, Balai TNGR juga melakukan pembinaan pelaku jasa wisata alam selama dua hari di SPTN wilayah I dan II pada tanggal 16 dan 19 Maret 2024 lalu. 


Kata Dedy, berbagai rangkaian persiapan yang telah dilakukan semata agar pembukaan pendakian Gunung Rinjani berjalan lancat sesuai harapan bersama. 


Sebelumnya, pendakian Gunung Rinjani ditutup pada 1 Januari 2024 lalu. Penutupan dilakukan dalam rangka pemulihan ekosistem di kawasan TNGR serta terjadi masa peralihan menuju musim hujan 2023/2024. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama