Lalu Sungkul akan benahi sistem pariwisata Lombok Tengah dengan insan pariwisata - OPSINTB.com | News References -->

01/02/24

Lalu Sungkul akan benahi sistem pariwisata Lombok Tengah dengan insan pariwisata

Lalu Sungkul akan benahi sistem pariwisata Lombok Tengah dengan insan pariwisata

 
Lalu Sungkul akan benahi sistem pariwisata Lombok Tengah dengan insan pariwisata

OPSINTB.com - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Lalu Sungkul, mengatakan akan membenahi sistem pariwisata daerah ini dengan membangun 'insan pariwisata'. Insan pariwisata, jelas Sungkul, adalah mereka (pelaku wisata) sadar bagaimana bersikap dan bertindak di destinasi wisata. 


''Jadi, percuma destinasi yang baik kalau insannya masih belum insan pariwisata,'' kata Sungkul di Kantor Bupati Loteng, Rabu (31/1/2024). 


Sungkul menerangkan, insan pariwisata diharapkan dapat mengerti sapta pesona wisata, sehingga mereka dapat menjaring wisatawan yang kelasnya elit. Disebutkan juga, membangun pariwisata harus terus dilakukan dan berkesinambungan. Misalnya dengan membangun kerjasama dengan Dinas Pendidikan; bagaimana supaya anak di daerah pariwisata sudah dididik sejak dini untuk mengenal sapta pesona pariwisata. 


''Ini yang perlu, misalkan bagaimana mereka diajarkan berbahasa dengan bahasa Inggris yang baik dan benar,'' kata mantan Camat Pujut ini. 


Selain itu, ia meminta insan pariwisata tidak membuang kearifan lokal daerah ini. Insan pariwisata modern ini, katanya, banyak yang tidak mengerti dan lebih condong mengikuti gaya wisatawan luar yang cara berpakaiannya tidak mencerminkan budaya lokal. 


''Misalkan turisnya celana pendek, kita ikut. Sekarang ini generasi muda cendrung tidak tau manner (tata krama) yang seperti apa. Nah, orang barat itu mannernya tidak seperti kita,'' ucapnya. 


Sungkul menambahkan, dengan adanya insan pariwisata, maka sudah jelas daerah ini juga akan menjual kualitas atau menggaet tamu-tamu highclass yang diharapkan dapat membawa pundi-pundi uang yang banyak bagi daerah ini yang tentunya juga akan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat/pelaku pariwisata. 


Kemudian terkait banyak investor yang tidak berani berinvestasi di Loteng disebabkan sering terjadi konflik dengan warga, Sungkul menjelaskan, Dinas Pariwisata tidak berorientasi pada penyelesaian masalah konflik tanah. Dinas Pariwisata hanya bertujuan mengembangkan destinasi wisata yang ada di daerah ini.


''Nah, siapa saja yang disebut destinasi pariwisata itu? Manusianya dan objeknya,'' ujarnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama