Serius ingin kelola BUMDes, Pemdes Denggen Timur berguru ke Desa Kembang Kerang - OPSINTB.com | News References -->

17/12/23

Serius ingin kelola BUMDes, Pemdes Denggen Timur berguru ke Desa Kembang Kerang

Serius ingin kelola BUMDes, Pemdes Denggen Timur berguru ke Desa Kembang Kerang

 
Studi banding desa denggen timur

OPSINTB.com - Pemdes Denggen Timur, Kecamatan Selong melakukan kunjungan kerja ke Desa Kembang Kerang, Kecamatan Aikmel pada Minggu (17/12/2023). Rombongan dari Desa Denggen Timur yang dipimpin kepala desa dan staf diterima langsung oleh Kepala Desa Kembang Kerang.


Kunjungan kerja ke Desa Kembang Kerang dalam rangka studi banding saling tukar informasi dan belajar terkait program dan inovasi pembangunan desa.


Desa Kembang Kerang dipilih karena desa ini dinilai telah berhasil mengelola dan mengembangkan Badan Usahan Milik Desa (BUMDes). Seperti diketahui, BUMDes Bina Sejahtera Desa Kembang Kerang memiliki andil besar dalam pembangunan desa dari berbagai inovasi usaha yang dirintis. Setidaknya, BUMDes Bina Sejahtera telah mengembangkan 5 unit usaha. Paling tersohor usaha pupuk bersubsidi, LKM, dan BUMDes Mart. 


Dari berbagai usaha di atas, BUMDes Bina Sejahtera telah berhasil mengelola dana awal Rp 25 juta menjadi Rp 1 miliar lebih. Pengelolaan usaha menerapkan konsep syariah. Maka tak heran, BUMDes Bina Sejahtera menjadi rujukan studi banding dari rombongan dalam dan luar daerah. 


"Dari tahun 2019 BUMDes kami jadi contoh dan tahun 2020 kami terima rombongan studi banding dari Kabupten Pamekasan karena BUMDes kami jadi pengecer pupuk bersubsidi, satu satunya di Indonesia," ungkap Yahya Putra, Kedes Kembang Kerang menyampaikan sambutannya.


Yahya meyakini, penguatan BUMDes sama halnya dengan menguatkan ekonomi masyarakat desa. Bahkan jika desa tidak lagi diberi dana desa oleh pemerintah, desa bisa hidup dengan BUMDes yang dikelola dengan baik.


Mengakhiri sambutannya, Yahya sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas dipilihnya desa yang ia pimpin sebagai daerah tujuan studi banding.


Kepala Desa Denggen Timur, Moh Jamaludin menilai, keberhasilan BUMDes Bina Sejahtera dilandasi oleh kegigihan, totalitas, sistem usaha yang baik, dan manajemen yang mumpuni.


"Kita banyak belajar dari sini. Saya harap BUMDes kita bisa menerapkannya dengan inovasi desa masing-masing sesuai potensi yang ada," pungkas Jamaludin. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama