Lama tutup karena perbaikan, Taman Wisata Aik Bukaq kembali dibuka untuk umum - OPSINTB.com | News References -->

08/12/23

Lama tutup karena perbaikan, Taman Wisata Aik Bukaq kembali dibuka untuk umum

Lama tutup karena perbaikan, Taman Wisata Aik Bukaq kembali dibuka untuk umum

 

Taman wisata aik bukaq lombok tengah

OPSINTB.com - Re-Opening atau pembukaan kembali Taman Wisata Aik Bukaq di Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah (Loteng) dilakukan Jumat (8/12/2023). Pembukaan diawali dengan senam bersama, santunan anak yatim, dan pelepasan ribuan bibit ikan di danau Aik Bukak. 


Pembukaan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Loteng, H Lalu Pathul Bahri dengan melakukan gunting pita di pintu masuk Taman Wisata Aik Bukaq. Dalam kesempatan itu, Pathul berpesan kepada masyarakat Loteng, keluarga besar Aik Bukaq, keluarga besar Batukliang, dan Batukliang Utara untuk senantiasa menjaga Taman Wisata Aik Bukaq. 


''Kalau ada yang kurang pas, mari diskusikan dengan baik!,'' serunya. 


Kata Pathul, Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dihajatkan untuk rehabilitasi Taman Wisata Aik Bukaq menurut laporan konsultan dan teknis; sudah selesai. 


''Karena itu kita launching untuk disampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa Aik Bukaq ini sebagai destinasi wisata legendaris yang dari zaman dahulu; sekarang sudah lebih maksimal,'' kata Pathul. 


Pathul menyampaikan rasa terimaksih karena Aik Bukaq sudah menjadi perhatian pemerintah pusat. Untuk itu, Pemkab Loteng pada umumnya mengapresiasi pemerintah pusat yang telah mengucurkan anggaran di destinasi wisata legendaris ini. 


''Dan yang lain-lain mudah-mudahan ini menjadi perhatian lebih lanjut,'' imbuhnya. 


Pihaknya tidak berani menargetkan jumlah kunjungan wisatawan. Sebab, wisata ini kebanyakan hanya diketahui oleh wisatawan lokal saja. Ia menyebut, salah satu keunggulan dari Taman Wisata Aik Bukaq ini ialah airnya yang dingin dan merupakan salah satu destinasi wisata yang melegenda. 


''Dari saya belum sekolah, Aik Bukaq ini sudah ada. Ini harus dijaga oleh kita semua,'' ujarnya. 


Nurhayati, salah seorang warga setempat menyampaikan, tidak melihat perubahan drastis dari rehabilitasi yang sudah dilakukan pemerintah daerah. Bahkan, dirinya menyebut, Taman Wisata Aik Bukaq masih seperti 'biasa-biasa' saja. 


''Seperti tidak ada yang sudah direhab gitu. Cuma bedanya ada jembatan kayu saja,'' kata dia. 


Sementara, dari pantauan opsintb.com di lokasi, ada beberapa amenitas yang memang tampak baru. Seperti: toilet, gazebo, tempat parkir, jalan, dan jembatan kayu. Rehabilitasi Taman Wisata Aik Bukaq sendiri menghabiskan anggaran mencapai Rp 2,7 miliar. 


Sementara, re-opening yang dilakukan hari ini adalah karena selama rehabilitasi dilakukan, Taman Wisata Aik Bukaq ditutup. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama