DP3AKB gelar seminar, langkah maju perang melawan stunting - OPSINTB.com | News References -->

05/12/23

DP3AKB gelar seminar, langkah maju perang melawan stunting

DP3AKB gelar seminar, langkah maju perang melawan stunting

 
DP3AKB gelar seminar, langkah maju perang melawan stunting


Foto: Pj Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Lombok Timur. (zaa/opsintb)


OPSINTB.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), gelar kelas orang tua hebat. Kegiatan tersebut untuk percepat penurunan angka stunting yang dirangkaikan dengan ulang tahun Nusa Tenggara Barat (NTB) berlangsung di Gedung Wanita Lombok Timur, Senin (14/12/2023).


Kepada awak media, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Lombok Timur, H Ahmad, mengaku begitu bahagia lantaran daei sepuluh kabupaten kota di NTB, pihaknya paling siap menerima narasumber internasional dari pusat. Hal itu disebutnya luar biasa hanya Lotim bebernya yang cepat merespon.


"Sangat berdampak kepada tingkat pengetahuan Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang ada di Desa," ucap H Ahmad.


Apa yang disampaikan oleh narasumber bisa merubah perilaku pola asuh dan pemberian makan. Prihal itu sebutnya, salah satu hal yang paling utama pada pencegahan stunting. 


Jika hanya bantuan semata menurutnya tak berpengaruh pada penurunan angka stunting. Namun caranya adalah dengan merubah pola makan. Makanannya, kata dia, tak lagi yang instan sebab hal semacam itu diseutnya tidak baik.


Dalam kesempatan itu juga, ia menyinggung Ultah NTB. Kegiatan itu, bebernya, dalam rangka Hut wilayah bejuluk Bumi Gora ini.


"Kegiatan ini dalam rangka ultah NTB," ujarnya.


Dikatakan Ahmad momen ini oleh pihaknya diisi dengan seminar guna meningkatkan pengetahuan PKK. Dikarenakan satu bagian dari tim pendamping keluarga. Yang tak kalah penting ialah mensosialisasikan aplikasi Elsimil.


Elsimil, imbuhnya, merupakan aplikasi yang dipercaya menjadi tolak ukur daerah pada pendampingan. Nantinya bakal ada bimbingan pranikah tiap bulan oleh PKK yang kolaborasi dengan KUA.


"kita berikan bimbingan pranikah setelah 3 bulan baru diberikan sertifikat Elsimil," katanya.


Adapun beberapa hal penting yang tertuang dalam aplikasi Elsimil tersebut. Diantaranya untuk kegiatan Pranikah akan ada pemeriksaan kesehatan, pengecekan usia, HB dan lainnya.


"Hal itu semua bisa dipantau secara digital melalui aplikasi Elsimil," jelasnya.


Apabila ditemukan catatan kurang baik sesuai di aplikasi Elsimil, maka tim PKK akan memberikan bimbingan dan pendampingan untuk mengatasi persoalan yang dihadapi calon pasutri atau calon ibu hamil.


Umur merupakan aspek yang paling penting yang harus di taati. Jika masyarakat mendaftarkan diri pada Elsimil namun masih di bawah umur dan hamil, maka DP3AKB melalui PKK akan memberikan pendampingan.


Selanjutnya, diberikan surat pernyataan bahwa calon Pasutri yang menikah di bawah usia harus menggunakan alat kontrasepsi baru kemudian mendapatkan sertifikat untuk melangsungkan pernikahan di KUA.


"Harapan kita semua Calon Pengantin (Catin) yang mendaftar itu bisa masuk menggunakan aplikasi Elsimil," katanya.


Sementara itu, Pj Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Lombok Timur, Hj Nurhidayati mengatakan, andaikan masyarakat paham pentingnya aplikasi Elsimil, ia meyakini angka stunting di daerah akan cepat diatasi.


Mengingat aplikasi tersebut mengajak warga untuk mengetahui serta sadar sebelum mereka menikah, ada hal yang harus di asesmen secara mandiri.


"Karena itu menyangkut kesiapan calon orang yang berumah tangga," ujarnya.


Untuk itu dia berharap, hal yang akan menjadi hambatan untuk melahirkan anak yang sehat, keluarga yang terhindar dari stunting bisa teratasi dari aplikasi Elsimil. 


Yang menjadi masalah, kata dia, saat ini tidak semua masyarakat yang jadi calon pengantin tau itu, dan juga punya hp yang suport untuk aplikasi tersebut.


"Oleh karenanya peran PKK nanti membantu memfasilitasi melalui hp siapa mungkin supaya mereka harusnya bisa menggunakan aplikasi Elsimil untuk persiapan sebelum menikah," pungkasnya.


Kegiatan itu dihadiri oleh ketua PKK di Lombok Timur mengangkat tema Penyediaan Menu PMT Posyandu san Pola Asuh Aktf, Re


Anak Dalam kegiatan Kelas Orang Tua Hebat dengan tema Penyediaan menu PMT Posyandu dan Pola Asuh Aktif, Respon dalam Memberikan Makan Anak dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama