Dinas Pertanian pastikan ketersediaan pupuk menyambut musim tanam aman - OPSINTB.com | News References -->

17/10/23

Dinas Pertanian pastikan ketersediaan pupuk menyambut musim tanam aman

Dinas Pertanian pastikan ketersediaan pupuk menyambut musim tanam aman

 
Dinas pertanian lombok tengah

 

OPSINTB.com - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Tengah (Loteng), M Kamrin memastikan kebutuhan pupuk bagi para petani menyambut musim tanam tahun depan aman. ''Nanti Januari sudah keluar itu (pupuk),'' ujarnya, Selasa (17/10/2023). 


Bahkan, lanjut Kamrin, sebelum Januari pihaknya sudah meminta pupuk tambahan ke Kementerian Pertanian dan disetujui sebanyak 1.000 ton. 


''Kemarin ada 1.000 ton tambahannya,'' imbuhnya. 


Kata Kamrin, penambahan tersebut sebenarnya diharapkan untuk menutupi kebutuhan pupuk di musim tanam ketiga atau awal musim tanam pertama sebelum keluar jatah musim pertama di tahun berikutnya. 


''Tetapi mekanismenya tetap melalui distributor untuk petani Loteng,'' ungkapnya. 


Kamrin meyakinkan kepada para petani untuk tetap tenang terkait ketersediaan pupuk. Sebab pemerintah telah mengatur kebutuhan petani berdasarkan komoditas dan luas lahan. 


''Jadi sebenarnya oleh pemerintah sudah diatur tata kelola pupuk ini. Bagaimana yang pertama kami menghitung kebutuhan petani berdasarkan komoditas dan luas lahan,'' katanya. 


Sementara, terkait musim tanam tahun depan, pihaknya memprediksi akan terjadi sedikit kemunduran. Hal ini disebabkan fenomena El Nino. Terkecuali pada wilayah bagian utara Loteng. Seperti di Kecamatan Pringgarata, Batukliang, dan Batukliang Utara yang memang sudah memiliki sumber mata air tanpa mengandalkan air hujan. 


''Selain itu, kemunduran juga disebabkan adanya perbaikan saluran irigasi di hampir seluruh wilayah,'' tandasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama