Pemkab Lombok Timur kebut capaian universal health coverage - OPSINTB.com | News References -->

15/09/23

Pemkab Lombok Timur kebut capaian universal health coverage

Pemkab Lombok Timur kebut capaian universal health coverage

 
Pemkab Lombok Timur kebut capaian universal health coverage

 

OPSINTB.com - Capaian kepesertaan jaminan kesehatan Lombok Timur per 1 September 2023 mencapai 92,22 persen atau 1.283.824 dari jumlah penduduk 1.392.099 jiwa. Jumlah tersebut didominasi peserta bantuan iuran (PBI). Sementara itu tingkat keaktifan peserta berada di angka 68,10 persen. Kondisi tersebut mendudukkan Lombok Timur sebagai satu dari tiga Kabupaten/kota di NTB yang belum mencapai Universal Health Coverage (UHC, cakupan kesehatan semesta).


Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy dalam rapat koordinasi forum pemangku kepentingan utama BPJS Kesehatan yang berlangsung Jumat (15/9/2023) menegaskan komitmen Pemkab untuk mencapai UHC di tengah keterbatasan fiskal. 


"Capaian UHC merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah yaitu untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat," kata bupati.


Alasan itu pula ia meminta jajarannya untuk menyisir kembali data penerima bantuan iuran (PBI) yang dinilai salah sasaran. Untuk itu ia memerintahkan pelibatan pihak kecamatan hingga desa. Ia pun meminta Sekretaris Daerah, HM Juaini Taofik yang juga hadir pada rapat tersebut untuk dapat memenuhi sisa jumlah peserta sesuai kemampuan fiskal.


Kepala BPJS Kesehatan Lombok Timur, Gusti Ngurah Catur Wiguna menjelaskan, masih ada 38.670 jiwa masyarakat yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan. Mencapai UHC Lombok Timur memerlukan dukungan anggaran Rp 1,4 miliar lebih agar target UHC per 1 Desember 2023 dapat tercapai.


Ia menyampaikan sejumlah saran dan rekomendasi di antaranya pemanfaatan dana alokasi umum bidang kesehatan. Ia juga berharap Pemkab dapat segera membentuk tim percepatan UHC Kabupaten Lombok Timur, di samping penganggaran pada APBD 2024 untuk mencapai UHC 98 persen.


Rapat tersebut diikuti pula Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BPKAD, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Dinas Sosial, dan Direktur RSUD dr R Soedjono Selong. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama