Pokmaswas Petrando wakili NTB di ajang lomba nasional - OPSINTB.com | News References -->

26/07/23

Pokmaswas Petrando wakili NTB di ajang lomba nasional

Pokmaswas Petrando wakili NTB di ajang lomba nasional

 
Pokmaswas Petrando wakili NTB di ajang lomba nasional


OPSINTB.com - Kabupaten Lombok Timur, kembali unjuk gigi di ajang nasional. Jika kemarin dari dunia pariwisata, kali ini kabar tak kalah gembira datang dari kelompok yang bergerak di laut yakni Kelompok Masyarakat Pengawas Perikanan (Pokmaswas) Petrando Desa Padak Guar, Kecamatan Sambalia, Lombok Timur.


Organisasi pengawas laut wilayah Kecamatan Sambalia itu, bakal mewakili NTB pada ajang lomba Pokmaswas nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan Republik Indonesia dalam waktu dekat.


Kepastian perwakilan itu, dibuktikan dengan kedatangan Pokmaswas Petrando Desa Padak Guar, yang didatangi oleh tim penilai kegiatan tersebut, Selasa (22/07/2023).


Kegiatan penilaian itu, berlangsung di Pusat Informasi Pokmaswas Petrando yang berlokasi di Pantai Gili Lampu. Yang dihadiri oleh perwakilan PSDKP Provinsi NTB, perwakilan UPT PSDKP Lombok Timur, Danpos AL Selat Alas, pengurus WCS, Penyuluh Perikanan dan Laut wilayah setempat.


Kegiatan ini diglera sebagai apresiasi kepada Pokmaswas secara nasional oleh kementrian terkait.


Pokmaswas Petrando diusulkan oleh PSDKP Provinsi NTB sebagai peserta penilaian lomba Pomaswas Teladan tingkat nasional tahun 2023 ini lantaran dinilai aktif dan inovatif dalam melakukan program pengawasan laut di wilayah kerjanya.


Yakni TWP Petrando yang terdiri dari Gili Petagan, Bidara, Kondo dan Kapal serta TWP Sulat Lawang yang terdiri dari Gili Sulat dan Gili Lawang. 


"Pokmaswas Petrando sangat layak mengikuti Penilaian Lomba Pokmaswas Teladan Tingkat Nasional tahun ini," kata Kabid Pengawasan Pesisir PSDKP Provinsi NTB, Ruspono.


Pokmaswas Petrando, sebutnya, memiliki eksistensi. Lantaran memiliki berbagai macam kompetensi,  serta anggotanya sangat energik dalam berkegiatan secara mandiri. 


Oleh sebab itu, pihaknya memandang, kelompok pengawas pantai di wilayah Sambalia tersebut layak mengikuti dan verifukasi faktual lomba Pokmaswas Teladan tingkat nasional.


"Kami menilai Pokmaswas Petrando memiliki hal yang beda dengan pokmaswas yang lainnya. Untuk itu, kami sangat berharap Pokmaswas Petrando bisa mendapatkan prestasi sebagai juara nasional," harapnya. 


Dirjen PSDKP RI sekaligus yang menjadi perwakilan Tim Penilai Lomba Pokmaswas Teladan, Nugroho, menjelaskan, fokus penilaian pada kegiatan ini ialah aspek pelaksana teknis, managerial dan sosial.


Peserta lomba sebelumnya telah mengirim berkas berupa kegiatan, dan berbagai persyaratan lainnya.


"Penilaian ini tujuannya verifikasi lapangan atas administrasi atau berkas yang telah dikirim oleh peserta lomba dengan mengiterview pengurus serta anggota pokmaswas peserta lomba terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan selama," terangnya


Dikatakannya, selain verifikasi peserta lomba, pihaknya juga melakukan interview dengan masyarakat sekitar. Mulai dari Pemdes, DAN Pos AL serta lembaga maupun stakeholder terkait.


Tujuannya untuk uji publik penguat data terhadap berkas yang sudah dikirimkan kepada panitia, serta menggali informasi prihal kegiatan Pokmaswas Petrando.


Dari informasi yang berhasil digali baik dari pengurus dan masyarakat sekitar pihaknya mengatakan kelompok tersebut memiliki keistimewaan. Mulai anggota yang memiliki kompetensi komplit dan sangat aktif dalam menjaga dan mengembangkan sumberdaya laut.


"Setelah kami melakukan penggalian informasi dari berbagai pihak, kami menyimpulkan  bahwa Pokmaswas Petrando memiliki keistimewaan tersendiri," ujarnya


Ia berharap, Pokmaswas Petrando bisa menjadi juara tingkat nasional tahun ini.


"Selaku tim penilai yang jauh-jauh datang kemari, tentunya saya akan menyampaikan semua informasi dan temuan saya hari ini pada sidang peleno nanti dan saya sangat berharap Pokmaswas Petrando bisa menjadi juara tahun ini," harapnya.


Kegiatan penggalian informasi itu berlangsun pukul 10.10 hingga 14.36 wita. (kin)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama