Ternyata Ida Dayak berasal dari Lombok, ini cerita Nurnah - OPSINTB.com | News References -->

08/04/23

Ternyata Ida Dayak berasal dari Lombok, ini cerita Nurnah

Ternyata Ida Dayak berasal dari Lombok, ini cerita Nurnah

 
Ternyata Ida Dayak berasal dari Lombok, ini cerita Nurnah

Foto : Nurnah menuturkan asal muasal Ida Dayak. (Tangkapan layar akun Tiktok Sulisna77)

OPSINTB.com - Belakangan ini nama Ida Dayak menjadi sorotan publik setelah viral di media sosial TikTok. Hal ini lantaran Ida Dayak dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit, terutama patah atau anomali pada tulang.

Namun siapa sangka, perempuan yang dikenal berasal dari Suku Dayak Kalimantan ini adalah warga asli Lombok, tepatnya di Kelurahan Sayang-Sayang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, NTB.

Hal itu diungkap oleh Nurnah, warga Sayang-Sayang melalui akun TikTok Sulisna77.

Nurnah mengaku sebagai keluarga Ida Dayak. Bahkan ia sempat mengasuh Ida Dayak sewaktu Ida masih kecil dan masih tinggal di Sayang-Sayang Lombok.

Lebih lanjut Nurnah menuturkan, Ida kecil tinggal di Sayang-Sayang bersama kedua orang tuanya, yakni pak Bedul dan ibu Demah. Namun keduanya bercerai, lalu Ida kecil dibawa oleh ibunya berjualan obat ke Kalimantan. 

"Kedua orang tua Ida Dayak bercerai waktu ia masih kecil. Lalu Ida dibawa oleh ibunya (Demah) jualan obat ke Kalimantan. Di Kalimantan Demah menikah dengan orang Dayak," tutur Nurnah.

Lanjutnya, setelah menikah dengan orang Dayak, Demah bercerai dan memutuskan balik ke Pulau Lombok. Kemudian ia kembali berjualan obat di berbagai tempat di Lombok. Setelah berselang lama, Demah kembali ke Kalimantan bersama putranya, yakni Andri.

"Kalau Ida Dayak menikah dengan orang Jawa. Dari dulu Ida sudah keliling jualan obat ke berbagai tempat. Dulu Ida sering pulang ke Lombok dan saya dikasih baju," ungkap Nurnah. (yan)

Ida dayak terbaru
Download E-Koran Opsi NTB, Ida Dayak


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama