Wujudkan desa cerdas, Kemendes terbitkan SK duta digital - OPSINTB.com | News References -->

25/11/22

Wujudkan desa cerdas, Kemendes terbitkan SK duta digital

Wujudkan desa cerdas, Kemendes terbitkan SK duta digital

 
Wujudkan desa cerdas, Kemendes terbitkan SK Duta Digital

OPSINTB.com - Dua puluh desa di Kabupaten Lombok Tengah terpilih oleh Kementerian Desa (Kemendes) untuk penerapan desa cerdas. Untuk itu, per tanggal 1 September 2022 lalu, Kemendes telah menerbitkan surat keputusan (SK) Duta Digital yang nantinya akan bertugas mendampingi 20 desa terpilih dalam penerapan desa cerdas.

Kamis (24/11/2022) kemarin, perwakilan Kemendes yang diwakili Teguh menghadiri acara pelepasan 4 Duta Digital untuk Kabupaten Lombok Tengah sekaligus mengikuti Forum Group Discussion (FGD) bertema Mobilisasi Duta Digital di Aula DPMD Lombok Tengah.

Sementara dalam FGD itu, Teguh menjelaskan, desa cerdas merupakan desa yang mampu mengelola sumberdaya dan aset untuk mengembangkan peluang baru baik secara tradisional maupun dengan teknologi digital, sehingga tercipta telekomunikasi, inovasi, dan penggunaan pengetahuan yang lebih baik.

''Tujuan dari program desa cerdas ini dalam rangka percepatan transformasi pembangunan desa yang bertenaga, mandiri, sejahtera, dan demokratis tentunya dengan pemanfaatan teknologi,'' jelas Teguh.

Lebih lanjut, Teguh mengatakan, untuk menjadi desa cerdas, ada 6 pilar yang harus dipenuhi, seperti mobilitas cerdas, tatakelola yang cerdas, ekonomi cerdas, masyarakat cerdas, hidup cerdas, dan lingkungan cerdas. 

''Nah, ini merupakan tugas dari para Duta Digital dan kader desa ke depan,'' ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Sazdi menyampaikan anggaran dari Kemendes untuk mewujudkan desa cerdas terdiri dari Rp 30 juta untuk sarana prasarana termasuk langganan internet selama satu tahun dan Rp 20 juta untuk transportasi pelaksanaan kegiatan.

Adapun 15 desa yang terpilih Kemendes dalam program desa cerdas di Lombok Tengah adalah Desa Barabali, Aik Darek, Lantan, Aik Bukak, Jango, Bonjeruk, Semparu, Montong Gamang, Mertak Tombok, Selong Belanak, Darek, Ungga, Pringgerata, Pengadang, Pejanggik, Mujur, Bilebante, Sintung, Teruwai, dan Desa Sengkol. 

''Nanti setiap 1 Duta Digital akan mendamping 5 desa,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama