Upacara HKN di Lotim dirangkai penyerahan reward umroh untuk nakes - OPSINTB.com | News References -->

12/11/22

Upacara HKN di Lotim dirangkai penyerahan reward umroh untuk nakes

Upacara HKN di Lotim dirangkai penyerahan reward umroh untuk nakes

 
Upacara HKN di Lotim dirangkai penyerahan reward umroh untuk nakes

OPSINTB.com - Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Timur kembali melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 yang jatuh tanggal 12 November 2022. Sebelumnya, tiga tahun tidak pernah dilaksanakan akibat Pandemi Covid-19. 

Upacara peringatan HKN ke-58 ini dilaksanakan di halaman kantor Dikes setempat. Hadir Sekda Lombok Timur HM Juaini Taofik, jajaran Dinkes mulai dari RSUD dr Rumah Soedjono Selong, RSUD Lombok Timur, dan Kepala Puskesmas se-Lombok Timur. 

HM Juaini Taofik selaku Inspektur Upacara HKN dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Yakni, HKN ke-58 Tahun 2022 mengangkat tema 'Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku'. 

Juaini menjelaskan, dipilihnya tema ini sebagai gambaran bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi. 

"Dengan harapan, masyarakat  Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat," ucapnya. 

Namun tentunya, sambung Juaini, tantangan yang dihadapi masih sangat berat. Semua negara di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian. Krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. 

Namun, di tengah tantangan yang   berat, harus disyukuri, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini dan menjadi negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan total 442 juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai dengan Oktober 2022.

Di samping itu, pada saat yang sama pemerintah juga terus  melakukan upaya penanganan  masalah kesehatan lainnya yang  merupakan program prioritas nasional, seperti penurunan Angka Kematian lbu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan  kemandirian  penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

Pandemi juga menjadi   momentum bagi pemerintah   untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem  kesehatan di tanah air. Kemenkes  saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang.

Adapun fokus 6 pilar transformasi kesehatan adalah transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

Upacara HKN dirangkai pelepasan 10 tenaga kesehatan (nakes) berprestasi yang akan melaksanakan ibadah umroh. 10 nakes di lingkup Dikes Lombok Timur yang berangkat umroh tersebut, merupakan reward (hadiah_red) dari Pemkab Lombok Timur. 

10 nakes yang dapat reward ini telah mengabdi dengan baik. Mampu memberikan manfaat terhadap kemajuan program dan kinerja di bidang kesehatan, baik tingkat daerah maupun tingkat nasional. 

"Melalui mekanisme seleksi dan dianggap memenuhi syarat, 10 orang ini terpilih, " Kata Kepala Dikes Lombok Timur, Fathurrahman. 

10 orang penerima reward tersebut akan diberangkatkan pada 20 November 2022. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama