Kepala OPD dibekali ilmu keterbukaan informasi publik - OPSINTB.com | News References -->

21/11/22

Kepala OPD dibekali ilmu keterbukaan informasi publik

Kepala OPD dibekali ilmu keterbukaan informasi publik

 
Kepala OPD dibekali ilmu keterbukaan informasi publik

OPSINTB.com - Wakil Bupati Lombok Tengah (Loteng), HM Nursiah membuka secara langsung kegiatan Bimbingan Teknis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Loteng di Ruang Rapat Kantor Bupati beberapa hari lalu.

Dalam sambutanya, Nursiah berpesan kepada para kepala OPD untuk lebih serius dalam mengelola informasi yang dikuasi di OPD masing-masing.

''Karena saat ini informasi menjadi sebuah kebutuhan dalam setiap pengambilan kebijakan pemerintah,'' tegas Nursiah, Senin (21/11/2022).

Sebagai narasumber, dalam Bimtek ini diisi langsung oleh Komisioner KI Provinsi NTB, Samsuri. Dalam pemaparannya ia menyampaikan, dasar-dasar hukum keterbukaan informasi dan membuka informasi terkait jumlah permohonan informasi yang ada di Loteng. 

''Dimana saat ini, Loteng menjadi kabupaten paling tinggi memiliki permohonan informasi,'' ucap Samsuri.

Bimtek PPID ini juga diharapkan kepada para peserta untuk dapat melakukan penyusunan daftar informasi publik dan uji konsekuensi. 

''Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan keterbukaan informasi publik yang dibutuhkan masyarakat,'' ujarnya.

Komisi Informasi juga setiap tahun melakukan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik dengan salah satu kategori tingkat kabupaten/kota. Dimana pada tahun 2021 Loteng menduduki peringkat pertama. 

''Semoga tahun 2022 Loteng bisa mempertahankan peringkat pertama,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama