Resmi dilantik, Sukiman janji akan sediakan fasilitas untuk Dewan Kesenian - OPSINTB.com | News References -->

18/10/22

Resmi dilantik, Sukiman janji akan sediakan fasilitas untuk Dewan Kesenian

Resmi dilantik, Sukiman janji akan sediakan fasilitas untuk Dewan Kesenian

 
Resmi dilantik, Sukiman janji akan sediakan fasilitas untuk Dewan Kesenian

OPSINTB.com - Kesenian sebagai simbol holistik berarti tidak hanya menyukainya, juga harus merawat dan melestarikannya. Maka dalam rangka mengaplikasikan bentuk-bentuk seni dalam kehidupan, Lotim membentuk dewan kesenian di daerah ini. Hal itu diungkap Bupati Kabupaten Lombok Timur, HM Sukiman Azmy usai melantik Pengurus Dewan Kesenian, Selasa (18/10/2022).

"Begitu banyak yang dapat kita kagumi dalam kehidupan ini, tidak ada yang sia-sia diciptakan oleh Allah SWT," katanya. Ia menyebut bahwa Allah mencintai keindahan dan kesenian. "Alam dan berbagai macam apa yang kita lihat dalam keseharian, lebih-lebih dalam diri kita," tambahnya.

Di hadapan Dewan Pembina dan para pengurus yang sudah dilantik di Pendopo itu, bupati berkisah tentang masa kuliahnya di Surabaya. Ia mengaku di sana ada dewan kesenian yang sangat fenomenal. Mereka selalu melakukan aktivitas kesenian dan melakukan pementasan. Selain Surabaya, bupati juga menceritakan pengalamannya di Jakarta di mana segala aktivitas berbau seni dilakukan oleh Dewan Kesenian .

"Untuk itu, lahirlah komunitas yang sekarang kita himpun dalam dewan kesenian di Kabupaten Lotim ini. Ada seni musik, teater, tari, dan sebagainya," ungkapnya.

Bupati juga menyebutkan tiga hal yang harus diperhatikan oleh dewan kesenian. Pertama, organisasi. Dijelaskan Bupati bahwa organisasi tidak akan berkembang dengan baik jika tidak dilandasi dengan niat baik. Ia berharap ada rasa memiliki dalam sebuah organisasi, "tanpa itu kita tidak bisa berkiprah dengan baik," katanya.

Berikutnya adalah adanya program kerja yang jelas. "Program yang tidak monoton dan bisa diaktualisasikan," katanya. Dan yang ketiga adalah harus berkoordinasi dengan semua pihak yang bisa diajak untuk bekerjasama.

Lebih lanjut, Bupati ingatkan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Dinas Pariwisata memiliki peran dalam melestarikan kesenian di daerah ini. "Jika keduanya bisa berkoordinasi dengan baik, maka semua program dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," kata bupati.

Bupati berjanji akan menyediakan fasilitas untuk mendukung aktifitas Dewan Kesenian, juga aktifitas berkesenian masyarakat, "Semoga niat-niat yang tulus itu dapat dikoordinasikan dan dikolaborasikan sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Lotim," katanya. Terakhir Bupati berharap agar kepengurusannya diteruskan di tingkat kecamatan.

Sementara itu Ketum Pengurus Harian, Ashwan Kailani mengatakan, dirinya akan menjaga kepercayaan yang diberikan Lombok Timur. Ia akan berupaya meningkatkan harkat dan kekayaan seniman serta mendorong para seniman yang ada di daerah ini. "Kami sangat mengharapkan dukungan yang serius, baik dari pemerintah maupun seluruh stakeholder terkait sehingga bisa meningkatkan kesenian Lotim ini sampai ke tingkat yang lebih tinggi," ujarnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama