Bupati Lombok Tengah komitmen tekan angka stunting - OPSINTB.com | News References -->

30/09/22

Bupati Lombok Tengah komitmen tekan angka stunting

Bupati Lombok Tengah komitmen tekan angka stunting

 
Bupati Lombok Tengah komitmen tekan angka stunting

OPSINTB.com - Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri membuka kegiatan Rembuk Stunting tingkat Kabupaten Lombok Tengah di Illira Lite Hotel pada Rabu (28/9/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota Forkopimda, Wakil Ketua Komis IV DPRD Lombok Tengah, Kepala OPD, Camat se-Lombok Tengah, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Lombok Tengah, dan dari unsur NGO.

Dalam kegiatan tersebut Bupati menyampaikan, lokasi fokus stunting di Lombok Tengah pada tahun 2019 ada di 10 desa, tahun 2020 17 desa, 2021 ada 23 desa, di tahun 2022 7 desa, dan di tahun 2023 mendatang akan ada 15 desa lokasi fokus penanganan stunting. 

"Dan saat ini Lombok Tengah berada pada 20,81 persen atau urutan kedua dari bawah tingkat provinsi," kata Bupati.

Lanjutnya, Rembuk Stunting ini juga merupakan bagian dari penandatangan komitmen penangan stunting oleh Bupati Lombok Tengah, Kepala Dinas DP3AP2KB, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lombok Tengah, Kepala Dinas Kesehatan, Perwakilan Camat Lombok Tengah, dan Perwakilan KUA Lombok Tengah.

Bupati berharap semua steak holder di Lombok Tengah mengambil peran untuk menuntaskan stunting di tahun 2024 menuju 14 persen sesuai harapan pemerintah pusat. Ia juga mengharapkan dibuatkan Forum Group Disscussion (FGD) untuk mendiskusikan bagaimana cara mengatasi masalah-masalah stunting yang ada di Lombok Tengah.

"Penangan stunting merupakan tugas bagi kita semua, bukan hanya tugas pemerintah daerah, melainkan semua element masyarakat termasuk instansi vertikal," ujarnya.

Menurutnya penurun stunting menjadi prioritas skala nasional. Di mana target secara nasional stunting di angka 14 persen untuk Kabupaten Lombok Tengah harus ada penurun kasus stunting 5 persen setiap tahunnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama