Operasi katarak gratis untuk 300 warga Lombok Timur - OPSINTB.com | News References -->

16/07/22

Operasi katarak gratis untuk 300 warga Lombok Timur

Operasi katarak gratis untuk 300 warga Lombok Timur

 
Operasi katarak gratis untuk 300 warga Lombok Timur

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menghadiri pembukaan bakti sosial operasi katarak gratis, Sabtu (16/7/2022), yang diselenggarakan oleh RS Mata Provinsi NTB dan BCA Kantor Cabang Utama Cakranegara yang digelar selama dua hari di RSUD Lombok Timur.

Mengingat jumlah masyarakat Lombok Timur yang menderita kebutaan akibat katarak ini cukup banyak, Bupati berharap seluruhnya dapat segera tertangani. Pemda akan berupaya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk keperluan tersebut.

"Tidak perlu cemas akan dampak dan proses yang dijalani pada operasi ini. Semoga dengan operasi ini kita dapat beraktivitas dengan lebih baik, serta mendukung perkonomian masing-masing," pesan Sukiman kepada masyarakat yang mengikuti bakti sosial ini.

Hal tersebut juga menjadi harapan pihak BCA KCU Cakranegara Indrawanto Sahama. Di samping mengapresiasi dukungan Pemda Kabupaten Lombok Timur bersama RSUD Lombok Timur, hingga jajaran Puskesmas, ia berharap operasi ini dapat mendukung peningkatan produktivitas masyarakat.

Sementara itu Direktur RS Mata Provinsi NTB, Sriana Wulansari dalam laporannya menyampaikan target masyarakat yang akan dioperasi adalah 300 orang selama dua hari. Pada hari pertama (Jumat) telah dioperasi 99 orang, kendati yang datang jumlahnya mencapai lebih dari 100 orang. Hal tersebut, jelasnya, karena kondisi kesehatan mereka yang belum memungkinkan untuk dilaksanakan operasi. Karena itu pada hari kedua  ini ditarget akan bisa melaksanakan operasi terhadap 201 orang pasien.

"Sedikitnya 600 orang masyarakat Lombok Timur yang telah terjaring melalui aplikasi screening on cataract (serioc) milik RS Mata provini NTB. Akan tetapi yang bisa ditangani pada bakti sosial kali ini hanya 300 orang, sisanya diharapkan dapat ditangani melalui kegiatan lainnya, salah satunya dijadwalkan pada akhir Juli mendatang bekerja sama dengan Kementerian Sosial RI," jelas Sriana.

Bupati bersama sejumlah undangan seperti Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur juga berkesempatan menyaksikan proses operasi yang berlangsung di RSUD Lombok Timur itu. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama