Nah, uji kendaraan bermotor dapat dilakukan kembali di Lotim - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 21 Juni 2022

Nah, uji kendaraan bermotor dapat dilakukan kembali di Lotim

Nah, uji kendaraan bermotor dapat dilakukan kembali di Lotim

 
Nah, uji kendaraan bermotor dapat dilakukan kembali di Lotim

OPSINTB.com - Setelah beberapa waktu terakhir masyarakat Lombok Timur harus melakukan pengujian kendaraan bermotor (PKB) di Lombok Tengah, mulai Senin (27/6/2022) mendatang, hal tersebut sudah dapat dilakukan kembali di Unit Pengujian Kendaraan  Bermotor (PKB) pada Dinas Perhubungan Lombok Timur. 

Hal tersebut dipastikan menyusul diajukannya perpanjangan akreditasi ke Direktorat Sarana Dirjendat Kemenhub oleh Kepala Dinas Perhubungan Lombok Timur pada Selasa (21/6).

Kabid Teknik Sarana dan Prasarana pada Dishub Lombok Timur, Hadi Siswanto menjelaskan, sebelumnya telah dilaksanakan pemeliharaan dan kalibrasi, "Dengan berakhirnya masa akreditasi unit pengujian kendaraan bermotor pada Dishub kab Lotim, Kadishub mengajukan perpanjangan akreditasi ke Direktorat Sarana Dirjendat Kemenhub setelah sebelumnya dilaksanakan pemeliharaan oleh teknisi dan kalibrasi oleh BPTD Wilayah XII Bali NTB," terangnya.

Ditambahkan Hadi, sebelumnya pengujian kendaraan bermotor dialihkan karena sedang dalam perbaikan alat uji, di samping berakhirnya akreditasi. Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No 19 tahun 2021 akreditasi berlaku paling lama lima tahun (lima tahun untuk akreditasi A dan empat tahun untuk akreditasi B) dan dapat diperpanjang kembali setelah memenuhi persyaratan.

Akreditasi, terangnya, adalah proses pemberian pengakuan formal yang menyatakan bahwa suatu unit pelaksana uji berkala kendaraan bermotor telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengujian berkala kendaraan bermotor.

Dinas Perhubungan berkomitmen secara bertahap berupaya agar pelayanan PKB di daerah ini semakin meningkat, baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya. Hal tersebut guna mengetahui kelaikan kendaraan bermotor sehingga keselamatan berlalu lintas dijalan akan lebih terjamin. Karena itu pula Dinas mengajukan usulan untuk akreditasi A, di mana sebelumnya unit PKB Lombok Timur terakreditasi B, mengingat dari sejumlah aspek sudah terpenuhi. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama