Bupati Sukiman meminta OPD bekerja lebih progresif - OPSINTB.com | News References -->

29/06/22

Bupati Sukiman meminta OPD bekerja lebih progresif

Bupati Sukiman meminta OPD bekerja lebih progresif

 
Bupati Sukiman meminta OPD bekerja lebih progresif

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy, menagih komitmen seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk mewujudkan peningkatan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) tahun 2022 mendatang.

"Saya meminta peningkatan progresivitas, tidak seperti pada tahun sebelumnya," ucap Bupati saat gelar rapat koordinasi SAKIP dan Reforma Birokrasi, Rabu (29/6/2022).

Konsistensi itu disebutnya sebagai bagian dari upaya meningkatkan nilai SAKIP dari sebelumnya yang berada pada angka 54,85 dengan predikat CC atau cukup (memadai).

Kendati prihal itu pada tahun 2021 memiliki tren positif, yakni mengalami naik menjadi 61. Dirinya membaca adanya optimisme berdasarkan hasil review internal oleh Inspektorat Kabupaten Lombok Timur hingga April, akan tetapi ia meminta adanya perhatian khusus terhadap OPD dengan nilai rendah.

Dalam kesempatan itu ia juga mengingatkan prihal tindak lanjut terhadap hasil rekomendasi BPK maupun saran dari BPKP, yang harus dilakukan dengan segera. Menurutnya hal itu penting agar progres dapat terlihat. 

Yang tak kalah penting, kata dia, progress DAK fisik tahun 2022 yang tahun ini belum terlihat, padahal tahun sebelumnya Lotim berada di peringkat pertama nasional dalam pelaporan.

"Sebelumnya kita di Lotim peringkat pertama nasional soal laporan DAK fisik," ucapnya.

Sebelumnya Kepala Badan Inspektur Inspektorat Kabupaten Lombok Timur, H Salmun Rahman menyampaikan optimismenya melihat perbaikan nilai SAKIP dapat diwujudkan sampai predikat BB atau sangat baik. Kepercayaan diri itu didasari pada evaluasi internal, selama kurun Januari hingga April, yang menunjukkan peningkatan.

Ia menyampaikan sejumlah rekomendasi ke Kemenpan RB terhadap SAKIP Lotim. Yakni seperti penyempurnaan terhadap dokumen perencanaan kinerja.

"Juga penyempurnaan terhadap indikator kinerja yang lebih spesifik, relevan, terukur, dan cukup disertai target memadai," paparnya

Rekomendasi lainnya adalah pelaporan kinerja dengan meningkatkan kualitas informasi melalui eksplorasi mendalam terhadap analisis terhadap faktor-faktor pendorong atau penghambat ketercapaian kinerja dan analisis efisiensi. (hk)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama