Pemkab Loteng Launching Lantan 459 Internasional Motocross Sirkuit pada Lebaran Topat - OPSINTB.com | News References -->

Senin, 09 Mei 2022

Pemkab Loteng Launching Lantan 459 Internasional Motocross Sirkuit pada Lebaran Topat

Pemkab Loteng Launching Lantan 459 Internasional Motocross Sirkuit pada Lebaran Topat

 
Pemkab Loteng Launching Lantan 459 Internasional Motocross Sirkuit pada Lebaran Topat

OPSINTB.com - Pemkab Lombok Tengah secara resmi melaunching pembukaan Sirkuit Lantan 459 Internasional Motocros Sircuit di Desa Lantan, Kecamatan Batu Kliang Utara pada Senin (9/5/2022). Launching atau peluncuran sirkuit dengan luas mencapai 13 hektare itu diawali dengan penyerahan piagam kepada para pegiat UMKM Lombok Tengah dan penyerahan lisensi sirkuit oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB dr HL Herman Mahaputra alias Dokter Jack.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah yang hadir pada acara tersebut memaparkan, Provinsi NTB khususnya Kabupaten Lombok Tengah acap kali diragukan oleh beberapa pihak tidak akan mungkin dan tidak akan mampu menggelar even-even kelas dunia seperti Superbike, MotoGP, dan motocross. Tetapi, lanjut Bang Zul, semua keraguan itu terbantahkan dengan suksesnya penyelenggaraan dua even bergengsi; Superbike pada November 2021 silam dan even MotoGP pada Maret kemarin.

"Orang-orang mentertawakan kita; apa mungkin provinsi kecil seperti NTB menyelenggarakan WSBK, MotoGP, MX GP, dan motocross, tapi kita semua telah menjadi saksi even-even itu sudah terselenggara dengan sukses. Sebuah perjalanan panjang dimulai dengan keberanian mengayunkan langkah pertama," kata Bang Zul.

Bang Zul mengatakan, sebagai sirkuit yang baru saja dilaunching atau diperkenalkan kepada khalayak ramai, tentunya Lantan 459 Internasional Motocross Sirkuit membutuhkan sebuah inovasi atau terobosan agar sirkuit ini bisa cepat terkenal dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. Untuk itu, kata Bang Zul, ke depan pihaknya akan segera mencari sponsor yang bisa diajak bekerjasama untuk mengembangkan potensi wisata dan mampu mengangkat para pegiat UMKM.

Selain itu, pihaknya berjanji akan mengadakan even motocross dalam dua bulan sekali agar sirkuit tidak terbengkalai pasca acara launching ini.

"Mungkin sirkuit ini akan lebih tenar lagi kalau ada Pawang Hujannya. Itu sebenarnya memberikan pelajaran kepada kita bahwa even sekelas MotoGP pun perlu ornamen semenarik Lara Sang Pawang Hujan," canda Bang Zul.

Lebih lanjut, Bang Zul berharap, even sekelas internasional sebenarnya harus membawa perubahan baik bagi pemerintah daerah maupun bagi masyarakat. Untuk itu, Bang Zul meminta pemerintah daerah dan masyarakat sekitar mau memperhatikan sarana prasarana di sekitar sirkuit. Seperti menjaga kebersihan toilet, tempat penginapan, dan jalan menuju sirkuit.

"Internasional even mengharuskan kita berubah, bahkan memaksa kita harus berubah," pungkasnya.

Senada dengan gubernur, Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, berharap keberadaan Lantan 459 Internasional Motocross Sirkuit mampu memberikan perubahan dan daya dorong bagi kebangkitan ekonomi di Kabupaten Lombok Tengah khususnya di bagian utara.

Pathul menilai dengan kolaborasi antara kedua sirkuit di bagian selatan dan utara ini, akan mampu memberikan dampak positif serta dapat berkontribusi untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Apalagi, kata Pathul, pembangunan Lantan 459 Internasional Motocross Sirkuit ini tidak menggunakan dana APBD. Tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Lombok Tengah.

"Ini (sirkuit) bukan hasil karya Pathul-Nursiah, tetapi ini adalah hasil karya masyarakat Lombok Tengah," ungkapnya.

Pathul berharap dengan keberadaan Lantan 459 Internasional Motocross Sirkuit ini akan dapat melahirkan kroser-kroser yang handal dan hebat serta mampu mengharumkan nama Gumi Tatas Tuhu Trasna di kancah nasional maupun internasional.

"Terimakasih kepada keluarga besar Lombok Tengah yang telah berpartisipasi. Tentunya harapan kita bersama agar ke depan anak muda kita mampu berkarya dan menjadi kroser-kroser yang handal," pungkasnya.

Acara launching dihadiri 11.000 ASN yang berdinas di Lombok Tengah, kepala OPD Lombok Tengah, Kapolres Lombok Tengah, Dandim 1620 Lombok Tengah, seluruh camat, dan kepala desa se-Lombok Tengah. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama