Minat baca rendah, Rumaksi himbau Arpusda Lotim lebih kreatif - OPSINTB.com | News References -->

18/05/22

Minat baca rendah, Rumaksi himbau Arpusda Lotim lebih kreatif

Minat baca rendah, Rumaksi himbau Arpusda Lotim lebih kreatif

 
Tingkatkan minat baca, Rumaksi himbau Arpusda Lotim terus berbenah

OPSINTB.com - Peringkat kemampuan membaca masyarakat, khususnya di Kabupaten Lombok Timur dinilai masih jauh tertinggal dari daerah lain. Oleh karena itu, penting sekali untuk membaca sejak usia dini. 

Hal itu diungkap Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi Sj pada acara Peringatan HUT Perpustakaan Nasional ke 42 tingkat Kabupaten Lombok Timur, Rabu (18/5/2022) di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Arpusda) Lombok Timur.

Wabup menyinggung kurangnya kreasi dari pimpinan OPD, yang dinilai karena kurangnya minat membaca. Menurut Wabup Rumaksi, membaca adalah suatu kebutuhan. Akan tetapi ia mengakui merubah perilaku dan kebiasaan agar gemar membaca tersebut tidaklah mudah. "Merubah perilaku manusia tidak segampang itu kecuali kalau mereka dididik dari kecil," ujarnya.

Wabup juga mengkritisi kondisi gedung perpustakaan yang disebutnya belum nyaman. Menurutnya, kenyamanan menjadi salah satu aspek penting masyarakat berkunjung di samping bahan bacaan atau koleksi buku yang dimiliki sebuah perpustakaan.

Secara spesifik Wabup meminta agar Perpustakaan Lombok Timur menyediakan buku-buku wajib bagi para pelajar dan mahasiswa, termasuk buku mata kuliah kedokteran. "Buku teks kedokteran banyak dibutuhkan mahasiswa, terlebih mengingat harganya agak sulit dijangkau," ungkapnya.

Sementara itu Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, M Zaenuddin berharap momentum peringatan hari buku nasional dapat meningkatkan minat membaca masyarakat, karena membaca buku akan membuat manusia kaya akan ilmu pengetahuan dan informasi dari seluruh dunia.

Selain dimeriahkan oleh pendongeng cilik Ayu Nindia Zipana dan musikalisasi puisi oleh perwakilan duta baca, pada acara tersebut dilakukan pula penandatanganan kerja sama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan sejumlah perguruan tinggi, pencanangan rintisan perpustakaan khusus OPD dan kecamatan, serta penyerahan bantuan stimulan koleksi buku kepada perwakilan OPD dan kecamatan.

HUT Perpustakaan Nasional bertepatan dengan hari buku pada 17 Mei. HUT Perpusnas ke-42 tahun 2022 ini mengangkat tema "Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional". (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama