Percantik kawasan Sirkuit, Kementrian PUPR renovasi ratusan rumah - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 13 Januari 2022

Percantik kawasan Sirkuit, Kementrian PUPR renovasi ratusan rumah

Percantik kawasan Sirkuit, Kementrian PUPR renovasi ratusan rumah

 
Percantik kawasan Sirkuit, Kementrian PUPR renovasi ratusan rumah

OPSINTB.com - Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijan mengatakan, sebanyak 48 unit rumah di koridor utama atau yang berhadapan langsung dengan Sirkuit Mandalika akan direnovasi. Hal itu dilakukan guna mempercantik kawasan area Sirkuit Mandalika.

"Kami harapkan selesai sebelum penyelenggaraan seri MotoGP yang ada di Mandalika ini dilangsungkan," kata Iwan saat menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Area Sirkuit Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Loteng, Kamis (13/1/2022).

Selain di koridor utama, lanjutnya, pihaknya juga sedang memantau koridor dan segmen lainnya. Termasuk rumah warga yang masih berada di lahan ITDC. Pihaknya masih terus memantau perkembangan penyelesaiannya. Sehingga jika ditotal jumlah rumah yang akan direnovasi maksimal 107 unit.

"Kalau memang layak sebagai penerima bantuan nanti juga akan kami tangani. Tapi kalau mereka sudah direlokasi ke titik tertentu dan itu menjadi lahan yang statusnya kepemilikan mereka baru kami bisa berikan bantuan," imbuhnya.

Adapun tampilan rumah warga setelah direnovasi, kata dia, akan diseragamkan. Tetapi, akan tetap mempertahankan nuansa lokal. Artinya, selain tetap memiliki fungsi utama sebagai tempat hunian, rumah tersebut juga akan tetap menjaga kearifan lokal wilayah setempat.

"Proyek ini lebih kepada beautifikasi. Memberikan wajah yang lebih baik dan meningkatkan kualitas rumahnya sehingga layak huni," pungkasnya.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan jumlah stimulan yang diberikan kepada masing-masing warga atau per satu unit rumah berjumlah Rp 20 juta. Pengawasan pengerjaan akan dilakukan secara swadaya oleh masyarakat.

"Ada kelompok masyarakat yang dibentuk atau istilahnya swadaya. Akhir Februari harus selesai. Ini kesempatan untuk Indonesia menjadi tuan rumah. Maka kesempatan baik ini harus kita manfaatkan," tutup Iwan. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama